IAIN Mau Jadi UIN, Ini Kata Ketua MPR-RI

- Periklanan -

Rektor IAIN Palu, Prof Dr H Zainal Abidin saling menukar cenderamata dengan Ketua MPR-RI Dr (HC) Zulkifli Hasan MM, Selasa (19/12). (Foto: Mugni Supardi)

PALU – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Dr (HC) Zulkifli Hasan MM hadir di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Selasa (19/12) kemarin. Kehadiran Ketua MPR disambut langsung oleh Rektor IAIN Palu Prof Dr H Zainal Abidin MAg. Ketua MPR Zulkifli Hasan sekaligus menjadi narasumber utama pada kuliah umum dengan tema ‘pemuda dan nasionalisme pemuda masa kini’ di Auditorium IAIN.

Pada sambutannya, Prof Zainal Abidin MAg mengaku bangga dan senang karena perguruan tinggi yang dipimpinnya dikunjungi oleh Ketua MPR. “Atas nama civitas akademika memberikan apresiasi yang positif atas kehadiran bapak di IAIN Palu,” kata Rektor.

Kunjungan itu kata Rektor diharapkan dapat berdampak positif terhadap pengembangan IAIN Palu. Menurutnya, saat ini IAIN sedang berjuang untuk berubah status menjadi UIN. Sehingga dengan kehadiran Ketua MPR ini di IAIN, Zainal Abidin berkeyakinan akan membawa berkah bagi IAIN Palu. Menengok sejarah, pada tahun 2013, diawali dengan kedatangan Ketua DPR-RI di kala itu Marzuki Ali dua tahun sebelumnya, STAIN berubah status menjadi IAIN.

- Periklanan -

“Pak Zulkifli Hasan sudah memberikan semangat untuk upaya perubahan IAIN ke UIN, agar segera diwujudkan, beliau siap membantu,” kata Zainal Abidin.

Selain perubahan status, Rektor juga mengakui kepada Ketua MPR IAIN berupaya untuk mendapatkan pinjaman hibah luar negeri pada Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Sementara itu Ketua MPR Zulkifli Hasan mengungkapkan, siap membantu perubahan status dan pinjaman hibah tersebut. Apalagi dia mengakui sudah banyak pendidikan tinggi baik STAIN yang berubah status ke IAIN maupun IAIN berubah status menjadi UIN telah diwujudkannya sebelumnya.

Zulkifli Hasan juga menyampaikan kuliah umum terkait pemuda dan nasionalisme pada mahasiswa IAIN yang hadir. “Kalian harus bersyukur bisa berkuliah di salah satu kampus terbaik di Sulteng,” sebut Zulkifli Hasan.  Kedatangan Ketua MPR-RI bersama rombongan didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Wali Kota Palu, Wakil Wali Kota Palu. (acm/exp)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.