Huntara di Sigi Capai 6 Ribu Unit

- Periklanan -

SIGI – Pasca Bencana gempa bumi dan likuifaksi yang melanda Sulawesi Tengah khususnya Kabupaten Sigi jumlah pengungsi semakin hari semakin menurun dan hal tersebut dilihat dari jumlah pengungsi yang menempati huntara yang berada di sejumlah titik lokasi Huntara di Kabupaten Sigi.

Bupati Sigi, Muhamad Irwan Lapatta S.Sos MSi mengungkapkan, jumlah pengungsi yang berada di Kabupaten Sigi kian lama makin berkurang disebabkan adanya masyarakat yang sudah kembali membangun dan memperbaiki rumahnya yang rusak dengan dana swadaya.

“Sampai sekarang kan dari data itu 11 ribu lebih Huntara, yang rencana akan dibangun tapi semakin hari susut jumlah yang mengungsi tapi data ini terus bergerak,” ungkapnya kepada Radar Sulteng.

Ia pun menuturkan pembangunan Hunian Sementara (Huntara) yang berada di Kabupaten Sigi sudah mencapai lebih dari setengah tahap pembangunannya.

- Periklanan -

“Dari data yang ada ini, yang sudah terbangun dan ditinggali sudah mau hampir sekitar 6 ribu kemudian yang sementara terbangun itu kan ada ketambahannya itu ada berapa ribu lebih lagi,” tuturnya.

Sementara itu Seorang warga Desa Lolu, Suhariyanto mengatakan lebih memilih kembali kelokasi rumahnya sekalipun rumahnya rata dengan tanah dan membangun rumah sementara, sehingga memudahkan dirinya kembali beraktivitas mencari nafkah dan bekerja.

“Kami kembali ke lokasi rumah-rumah sebelumnya karena kalau masih di huntara akan kesulitan bekerja seperti bertani, sebab lokasi dari huntara ke sawah kami cukup jauh,” katanya

Huntara yang sudah terbangun bukan hanya dari Pemerintah diantaranya PUPR, BUMN Perbankan dan BUMN Infrastruktur, Wikas dan Utama Karya melainkan juga dari sejumlah NGO seperti Dompet duafa. (slm)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.