Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Hujan Dua Hari, Sungai Maoti Meluap Ancam Pemukiman


PARIGI – Hujan yang mengguyur wilayah Parigi sejak Minggu malam hingga Selasa siang (4/5), menyebabkan debit air sungai Maoti di Desa Tindaki Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parimo meningkat dan meluap. Sejak Selasa siang, luapan air sungai menyebabkan abrasi dan mengancam kawasan pemukiman di sepanjang pesisir sungai tersebut.
Salah seorang warga Maoti, Patman mengungkapkan bahwa hujan yang mengguyur wilayah Parigi cukup ekstrim. Selain berlangsung nyaris tanpa henti sejak Minggu malam, debit hujan juga lebih besar dari biasanya.
“Sejak awal hujan, kami sudah perkirakan akan terjadi banjir. Mudah-mudahan sekarang hujan berhenti, terutama di wilayah pegunungan, supaya debit air sungai tidak meningkat terus,”katanya Selasa (4/5).
Meningkatnya debit air, menyebabkan tergerusnya wilayah sepadan sungai. Kondisi ini kian mengkhawatirkan, sebab jika air terus meluap, bisa saja menggenangi kawasan pemukiman yang jaraknya hanya beberapa ratus meter dari sungai.
“Kalau banjir di dusun kami ini sudah sering terjadi. Namun kondisi saat ini makin parah. Kemungkinan ini terjadi, karena adanya aktivitas tambang galian C yang ada di bagian atas sungai. Olehnya itu, kami berharap kondisi ini bisa diperhatikan pemerintah, sebelum warga yang bertindak,”tandasnya.(hnf)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.