Hoax, Masih Saja Netizen Tertipu Foto Editan

- Periklanan -

RENDAHNYA keinginan untuk mencari tahu sebuah kebenaran sering kali menjerumuskan seseorang menjadi penyebar hoax. Foto hasil olah digital pun bisa dianggap sebagai sebuah kebenaran. Itulah yang terjadi ketika warganet mengunggah foto-foto tengkorak raksasa di media sosial.

Inilah foto editan digital yang disebar di media sosial dan disebutkan merupakan tengkorak raksasa. (Foto: Ist)

- Periklanan -

Setidaknya, ada tiga foto tengkorak raksasa yang kerap dibagikan netizen. Pertama, foto kepala tengkorak raksasa dengan gambar alat berat di sampingnya. Kedua, foto tengkorak raksasa utuh dari kepala sampai kaki. Terdapat gambar manusia yang sedang meneliti di bagian pinggul tengkorak tersebut. Yang ketiga, foto seorang pria yang tampak meneliti kepala tengkorak raksasa di depannya.

”Waddau penemuan kepala tengkorak raksasa di luar negeri,” tulis akun Facebook Ramadhan pada 1 Januari 2018. Lebih lucu lagi, akun fanspage Keraton Ibu Majapahit Nusantara. Pada 19 November 2017 dia membagikan foto tengkorak raksasa dengan caption, ’’Tengkorak purbakala buto. Di lokasi pabrik semen Gresik ditemukan banyak tengkorak raksasa, disebut manusia kalang”.

Semua foto itu palsu. Foto-foto tengkorak raksasa tersebut diambil dari kontes digital art bertema Anomali Arkeologi 2 yang pernah diadakan situs Worth1000.com (sekarang berubah menjadi DesignCrowd.com). Di berbagai negara, karya-karya itu disebar sebagai hoax dengan narasi yang aneh-aneh. (gun/c20/fat)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.