Hoax, Kelainan Bawaan, Bukan Digigit Serangga

- Periklanan -

JAWA POS menemukan satu lagi akun Facebook pendulang like, share, dan comment yang bekerja dengan menyebarkan hoax. Akun itu bernama Siti Aminah (Facebook.com/Siti-Aminah-2057357657841080). Banyak posting-an hoax yang dibagikan akun tersebut. Salah satunya bayi dengan kelainan bawaan yang disebut digigit serangga.

Postingan hoax yang disebar di media sosial yang menyebutkan bayi terkena gigitan serangga, sementara sebenarnya bayi tersebut kelainan bawaan. (Foto; Ist)

- Periklanan -

Dalam posting-annya, Siti Aminah membagikan foto bayi dengan wajah penuh benjolan seperti luka, plus inset gambar serangga. Hingga tadi malam, posting-an itu sudah dibagikan hingga 1.200 kali.

Dari pengecekan lewat fasilitas Google image, akhirnya terjawab apa yang terjadi pada bayi tersebut. Dia tidak sedang digigit serangga, tetapi mengalami kelainan bawaan yang diberi nama linear nevus sebaceous syndrome.

Masih dari pengecekan Google images, ternyata ada ulasan yang dibuat situs pembasmi hoax asal Malaysia, Rojakpot. Mereka sudah dua kali membuat ulasan soal kabar palsu itu. Hoax bayi terserang serangga ternyata tidak hanya menyebar di Indonesia, tapi juga di Malaysia dan India. (gun/c17/fat)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.