Hmmm… Polisi Temukan Tambang Emas Ilegal di Bada

- Periklanan -

Ilustrasi penemuan tambang emas ilegal oleh Polisi. (@jpnn.com)

POSO-Kepolisian Resor (Polres) Poso menemukan sejumlah lokasi penambagan emas illegal di wilayah Bada Kecamatan Lore Selatan Kabupaten Poso. Tambang yang diduga sudah beroperasi lama ini sekarang cukup meresahkan warga sekitar. Sebab aktifitas penambangan tidak cuma dilakukan secara manual melainkan sudah menggunakan mesin tromol.

“Kalau tidak dilakukan pencegahan dikhawatirkan akan berdampak buruk pada masyarakat sekitar,” kata Kapolres Poso, AKBP Bogiek Sugiharto. “Kami sudah pernah meninjau lokasi. Warga di sana sudah resah dengan aktifitas tambang yang ada karena merusak lingkungan,” imbuhnya. Saat meninjau lokasi, Kapolres mengatakan sudah melakukan imbauan agar masyarakat menghentikan aktifitas penambangan emas illegal yang merusak lingkungan.

- Periklanan -

Ada empat lokasi penambangan emas illegal yang ditemukan polisi di Bada. Yaitu di Desa Bulili, Desa Gintu, Desa Badangkaiya, dan Desa Bewa. Aktifitas penambangan dilakukan setiap hari, dari pagi hingga malam hari. Pelaku penambangan illegal ini bukan hanya masyarakat lokal di Bada, melainkan banyak juga yang berasal dari luar Bada bahkan dari luar Poso. “Penggunaan tromol pada penambangan di sana (Bada) itu sangat merusak lingkungan. Kami sudah minta untuk menghentikannya,” jelas Kapolres.

Kendati sudah mengeluarkan imbauan larangan, namun aktifitas penambangan emas illegal di Bada dikabarkan masih terus berjalan. Karena itu, Polres Poso telah berencana melakukan operasi penertiban dalam waktu dekat. “Kita akan turun lokasi melakukan penertiban,” sebut Kapolres sembari menawarkan wartawan untuk ikut serta dalam penertiban.

Kapan penertiban penambangan illegal Bada akan dilakukan ? Bogiek menyebut akan dikerjakan setelah melakukan koordinasi terlebih dulu dengan pihak Pemkab Poso.(bud)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.