Hindari Ombak Besar, Puluhan Kapal Nelayan Pindah Dermaga

- Periklanan -

CARI TEMPAT AMAN : Nampak sejumlah kapal motor milik nelayan yang berlabuh di sekitar Teluk Kabonga, Kabupaten Donggala. (Foto: dok Pos Palu)

DONGGALA – Puluhan Kapal motor (KM) milik nelayan Donggala akhirnya pindah tempat berlabuh dari Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Donggala ke Teluk Kabonga di Kelurahan Kabonga Besar, Kecamatan Banawa. Berpindahnya puluhan KM milik nelayan ini diakibatkan ombak besar menghantam PPI Donggala mengakibatkan sejumlah kapal motor milik nelayan mengalami kerusakan.

Untuk menghindari ombak besar para nelayan Donggala untuk sementara berlabuh di Teluk Kabonga atau yang lebih dikenal dengan nama Panta Kapal oleh masyarakat Donggala karena dinilai lebih aman jika dibanding para nelayan berlabuh di PPI Donggala.

- Periklanan -

Nakhoda KM Sinar Samudera, Nurdin mengatakan, puluhan KM milik nelayan Donggala berlabuh di Panta Kapal untuk menghindari ombak besar dan angin kencang yang bertiup dari arah utara.  “Beberapa malam terakhir ini ombak disertai angin kencang menghantam PPI Donggala mengakibatkan KM Barcelona mengalami kerusakan,” kata Nurdin ditemui di sekitar Teluk Kabonga, Jumat (17/2)

Nurdin mengungkapkan beberapa malam lalu, KM Sinar Samudera sempat diterjang ombak besar saat berada di rumpon yang jaraknya 10 Mil dari PPI Donggala. Kejadian tersebut dianggap sangat berbahaya sehingga KM Sinar Samudera yang memiliki 14 orang awak kapal berbalik arah meningalkan rumpon menuju Donggala.

“Baru semalam meninggalkan PPI Donggala menuju rumpon ombak besar mulai datang. Untuk menghindari hal tidak diinginkan terpaksa harus pulang meskipun mengalami kerugian,” ungkap Nurdin.

Nakhoda Sinar Samudera berharap, ombak besar yang disertai angin kencang beberapa waktu belakangan ini segera redah. Pasalnya, para nelayan yang bertolak dari PPI Donggala menuju rumpon yang jaraknya lebih dari 100 Mil dibekali modal hingga jutaan rupiah. (yus)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.