alexametrics Hilal Tidak Terlihat di Sulteng, Jadikah Puasa Esok? – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Hilal Tidak Terlihat di Sulteng, Jadikah Puasa Esok?

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

DONGGALA – Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah mengungkapkan hilal tidak tampak di Gedung Rukyatul Hisab desa Marana, Kabupaten Donggala, Senin (12/4/2021). Kemenag Sulteng yang bekerjasama dengan Kantor BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Palu hanya memiliki 15 menit untuk dapat memantau hilal awal bulan Ramadan 1442 Hijriah.

Kepala Seksi Urais dan Binsar Kemenag Sulteng, Abdul Aziz mengatakan, pengamatan hilal dilakukan secara dua tahap yang pertama adalah pemaparan tentang posisi hilal saat ini, yakni 3 derajat.

Meskipun dalam posisi 3 derajat, namun karena mendung tidak terlihat. Maka bisa dipastikan bahwa besok sudah puasa Ramadan, walaupun tidak terlihat. Ijtima atau terjadinya pertemuan dan matahari itu dalam posisi tiga derajat.

“Hasil ini kita laporkan ke pusat dari pemantauan hilal di Sulawesi Tengah, hasilnya akan di sidang istbatkan oleh Menteri Agama malam ini,” jelasnya.

Pengamat Meteorologi Geofisika Ahli BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Palu, Bambang Haryono mengatakan pemantauan hilal dilakukan saat terbenam matahari pukul 18.04 Wita. Sedangkan waktu terbenamnya bulan pukul 18.19 Wita.

“Jadi di durasi waktu hanya 15 menit ini kita memantau hilal,” kata Bambang. (acm)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.