alexametrics Hendak Dilapor ke Propam Polda Sulteng, Kasat Narkoba Angkat Bicara – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Hendak Dilapor ke Propam Polda Sulteng, Kasat Narkoba Angkat Bicara

Penangkapan Arman Alias AU Sudah Sesuai Prosedur Hukum

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

MOROWALI-Kuasa hukum Arman alians AU yang merupakan tangkapan petugas Satres Narkoba Polres Morowali pada 24 Mei 2020 atas dugaan kepemilikan narkotika jenis sabu-sabu, berencana melaporkan Kasat beserta penyidik Satres Narkoba ke Propam Polda Sulteng.

Tim Penasihat Hukum Pembela Rakyat untuk Demokrasi (PRD) bernama Sumardi ini, ingin melaporkan penyidik dan Kasat Narkoba Polres Morowali atas dugaan kasus pembebasan tahanan berinisial AR yang saat itu juga bersamaan ditangkap dengan klien mereka yakni AU.

Menanggapi rencana pelaporan ini, Kasat Narkoba Polres Morowali IPTU Haryadi angkat bicara. Ditemui di ruang kerjanya, Haryadi yang ditemani penyidiknya yang juga hendak dilaporkan menegaskan bahwa proses penegakan hukum yang mereka laksanakan atas penangkapan AU sudah sesuai prosedur dan tahapan yang benar.

“Kalau dibilang kita tidak sesuai prosedur, itu tidak benar. Kami sudah melakukan langkah-langkah yang diperlukan. Mulai dari melakukan wawancara terhadap terduga pelaku, melakukan wawancara terhadap saksi, melakukan gelar perkara, melakukan penetapan tersangka dan melakukan penahanan terahadap tersangka,”ungkapnya.

Menurutnya, saat penangkapan 24 Juni 2020 lalu barang bukti yang berhasil petugas amankan berupa 1 sachet palstik bening yang berisi narkotika jenis sabu, 1 buah sarung warna ungu, 1 kain sarungnserta 1 lembar kain tisu warna putih.

“Beberapa saksi yang ada saat penangkapan diantaranyanBripda Muh Syukriadi, Bripka Mularto, Brigpol Geral T Imbar dan Anwar Karim. Dan setelah dilakukan gelar perkara, pasal yang disangkakan untuk tersangka Arman alias AU pasal 112 ayat (1) dan /atau Pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-Undang RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika,”urainya.

Lebih jauh Haryadi menjelaskan, sebelum menetapkan tersangka Arman alias AU pihaknya telah melalui mekanisme gelar perkara yang dihadiri Kasi Propam, Kasiwas, Kasubag Hukum yang diwakili Kabag Sumda, KBO Reskrim diwakili anggota Reskrim serta Kasat Binmas selaku penyidik senior.

Lanjut dari hasil gelar perkara itu, masing-masing saksi memberikan saran yang kemudian disimpulkan bahwa tersangka bisa ditingkatkan dalam penyidikan. Sebab, pada saat dilakukan penangkapan barang bukti berada atau dalam penguasaan Arman alias AU.

“Selain itu, kita juga sudah melakukan tes labfor dan hasilnya positif mengunakan narkoba. Perlu diketahui, penetapan seseorang menjadi tersangka berdasarkan hasil gelar perkara bukan oleh Kasat Narkoba atau Penyidik. Intinya, kami sudah melakukan prosedur dan tahapan yang benar. Jadi kami menghargai proses hukum yang berlaku,”tegasnya.

Sementara itu terkait terduga pelaku penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu yakni Abdul Rahmat alias AR yang juga ditangkap juga ditangkap pada hari yang sama dengan AU, Haryadi menyatakan bahwa pihaknya tetap melanjutkan proses hukumnya. “Keduanya masing-masing berada di Polsek Bumi Raya sama Polsek Bungku Barat,”tutup Haryadi.(fcb)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.