Harian Radar Sulteng Telah Terverifikasi oleh Dewan Pers

- Periklanan -

RADAR SULTENG telah ditetapkan Dewan Pers sebagai perusahaan media yang telah terverifikasi administrasi dan faktual. Ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi sebuah perusahaan pers untuk dapat dinyatakan lolos verifikasi.

Mulai dari syarat yang paling dasar seperti akta pendirian perusahaan yang harus berbadan hukum dan terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM. Memiliki ketersediaan sumber daya manusia, jumlah wartawan yang sudah bersertifikasi hingga kondisi fisik yang meliputi kantor, ruang kerja, ruang rapat, dan peralatan kerja.

Termasuk pula sistem penggajian wartawan plus asuransi. Adanya kode perilaku, standar operasional prosedur perlindungan wartawan, dan visi-misi perusahaan. Verifikasi terkait dengan kode etik jurnalistik, standar perusahaan pers, standar kompetensi wartawan, dan standar perlindungan wartawan. Verifikasi merupakan bagian dari proses pendataan perusahaan pers sebagaimana diamanatkan Pasal 15 ayat (2) huruf g Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

- Periklanan -

Harian Radar Sulteng senantiasa berkomitmen menjadi media yang profesional.  Sebagai bentuk nyata dari komitmen tersebut,  kami senantiasa berupaya memenuhi ketentuan dan rambu-rambu yang ditetapkan Dewan Pers. Tidak saja terkait dengan ketentuan verifikasi perusahaan tapi sejak tahun 2012 lalu, kami telah menjadi pelopor sertifikasi bagi wartawan.  Kami meyakini bahwa produk jurnalistik yang profesional hanya akan dihasilkan oleh wartawan kompeten yang bekerja di bawah naungan perusahaan yang sehat dan diselenggarakan dengan tatakelola yang baik.

Di tengah semakin beratnya tantangan yang dihadapi media saat ini, kami berkeyakinan bahwa Harian Radar Sulteng akan tetap menjadi referensi dan pilihan masyarakat Sulawesi Tengah. Untuk itu, segala upaya kami lakukan untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan kepada segenap relasi. Saat ini,  kami tidak saja secara terus-menerus berupaya meningkatkan kompetensi wartawan melalui in house training yang terprogram tapi sebagai tanggung jawab sosial untuk mendukung kemerdekaan dan profesionalitas pers, kami aktif menggelar dan terlibat dalam pelatihan-pelatihan peminat jurnalistik dari kalangan siswa maupun mahasiswa.

Akhirnya, dengan predikat sebagai perusahaan pers yang terverifikasi oleh Dewan Pers plus dukungan sumber daya wartawan yang hampir 100 persen telah bersertifikasi, menjadi momentum penting bagi kami semua untuk menyegarkan kembali spirit sebagai pelopor media profesional. Media yang menyajikan berita-berita yang akurat, proporsional, dan bermanfaat bagi kemaslahatan publik. Hasil verifikasi Dewan Pers terhadap perusahaan media diharapkan menjadi rujukan bagi semua pihak, baik instansi pemerintah, BUMN, maupun korporasi untuk bermitra dan bekerja sama. (**)

- Periklanan -

1 Komen
  1. Fajrillah Kolomboy Komentar Pengunjung

    Assalamualaikum/Pagi, Tabe Mohon info bagaimana prosedur mengirim tulisan dalam bentuk opini ke Korang Radar Sulteng. Terima Kasih Salam Pasigala Kuat, Pasigala bangkit

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.