Hari Raya Nyepi, Jalin Kerukunan dan Keharmonisan

- Periklanan -

Sejumlah pemuda umat Hindu mengarak ogoh-ogoh pada Pawai Ogoh-Ogoh menjelang Nyepi di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (27/3). (Foto: Mugni Supardi)

PALU- Hari nyepi tahun ini diharapkan, dapat menjalin kerukunan dan kerharmonisan dalam membangun dan memajukan Indonesia. Pesan ini yang disampaikan Pembimas Hindu Kanwil Sulteng, Anak Agung Anantaputra, Senin (27/3).

Pada perayaan nyepi yang jatuh pada hari ini, Selasa (28/3), umat Hindu diharapkan untuk tetap menjaga sikap dan diri dalam menjalani kehidupan.

Menyambut hari raya nyepi, dilangsungkan pula pawai ogoh-ogoh. Di mana menjadi bagian dari rangkaian prosesi menuju hari raya Nyepi. Ogoh-ogoh sendiri merupakan ritual budaya umat hindu untuk menjauhkan diri dari sifat-sifat buruk. “Digambarkan dengan penampilan ogoh-ogoh yang dibuat begitu menyeramkan dan raksasa. Itu artinya sifat jahat seperti itu harus dijauhkan dari diri kita,” terangnya.

- Periklanan -

Sementara itu, Ketua Parisada Hindu Darma Indonesia Kota Palu, Nyoman Dwinda, menyampaikan bahwa pawai ogoh-ogoh sendiri dilangsungkan pukul 14.00 Wita. Terdapat tujuh jenis ogoh-ogoh yang dibawa.

“Rute pawai ogoh-ogoh sendiri dari Pura, naik ke Jalan Jabal Nur, lalu ke Soekarno Hatta, turun hingga di Jalan Moh Hatta, kemudian Jalan Juanda, Jalan Sudirman, Sam Ratulangi, lalu Yos Sudarso dan kembali ke Pura,” ujarnya.

Dalam rangka menyambut nyepi, umat Hindu di Kota Palu bersama-sama telah melangsungkan beberapa kegiatan. Baik itu kegiatan ritual maupun kegiatan perayaan seremonial. “Umat Hindu di Kota Palu menjalankan Ritual Melasti. Sementara kegiatan perayaan telah dilangsungkan kegiatan pertandingan macam olahraga, jalan santai, kegiatan bakti sosial, donor darah dan pemeriksaan kesehatan tidak menular bekerja sama dengan Dinas Kesehatan,” urainya.

Sementara puncak hari raya Nyepi hari ini, seluruh umat Hindu di Indonesia akan melangsungkan kegiatan Catur Brata Penyepian. Yang terdiri dari Amati Geni, Amati Karya, Amati Lelungan dan Amati Lelangunan. “Kami berharap tahun ini, umat Hindu semakin menjaga kerukunan dan keharmonisan sesuai dengan keinginan kita semua di tahun ini,” pungkasnya. (jcc)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.