Hari Ini BMKG Lakukan Pemantauan Hilal

- Periklanan -

Teropong milik BMKG Geofisika Klas I Palu yang nantinya melakukan pemantauan hilal, hari ini (25/5). (foto: Mugni Supardi)

PALU – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Klas I Palu bekerja sama dengan sejumlah instansi terkait melakukan pemantauan hilal untuk menentukan 1 Ramadan 1438 Hijriah. Pemantauan kali ini di pusatkan di Gedung Menara Hilal BMKG, di Desa Marana, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Jumat (26/5).

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Klas I Palu Petrus Demon Sili menjelaskan, pihaknya sehari sebelum pemantaun hilal atau tepatnya, Kamis (25/5) kemarin, melakukan persiapan alat pemantauan hilal, yakni sebuah teropong dan teodolit.

- Periklanan -

“Sebenarnya teropong dan teodolit sama-sama digunakan untuk membidik sasaran (bulan dan matahari, red). Tetapi teodolit lebih cepat digunakan untuk mencari posisi (koordinat, red), baru diikuti dengan menggarahkan teropong. Artinya saling mendukung untuk mempercepat mencari sasaran bulan dan matahari,” jelas Petrus dihubungi Radar Sulteng, Kamis (25/5).

Petrus, juga menjelaskan, pemantauan ini sendiri baru akan dilakukan kisaran pukul 17.00 hingga jam 19.00 waktu setempat. Menurutnya, ada beberapa parameter, di antaranya tinggi hilal dan selisih waktu tenggelamnya matahari dan munculnya bulan sabit. Untuk pengamatan hari ini, kata Petrus, diprediksikan tinggi hilal 7 derajat, waktu terbenamnya matahari pukul 18.00 Wita, waktu terbenamnya bulan pukul 18.36 Wita, dan posisi bulan berada di sebelah selatan matahari.

“Artinya potensi untuk bisa melihat bulan pada saat pengamatan hanya 36 menit saja. karena selebihnya bulan akan tenggelam. Jadi semoga cuaca mendukung dan kita bisa membidik hilal,” tutup Petrus. (acm)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.