Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Hanura Raih Suara Signifikan di Sulteng

PALU – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Sulteng, usai pencoblosan atau votingday 17 April 2019 telah menggerakkan timnya untuk memantau perhitungan suara di 9.192 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sulteng, yang tersebar di 12 kabupaten dan satu kota.

Hasilnya, Hanura meraih suara yang sangat signifikan. Hal ini seperti yang disampaikan Ketua DPD Partai Hanura Sulteng, H Hadiyanto Rasyid SE, kepada Radar Sulteng, Jumat (26/4).

“Alhamdulillah suara yang masuk di Posko Partai Hanura Sulteng, memberikan kontribusi yang prositif, sudah sesuai target. Untuk DPR RI kami dapat satu kursi, yakni dr Delis Julkarson Hehi. Sedangkan di DPRD Provinsi Insya Allah, partai Hanura dapat lima kursi, memenuhi di hampir semua Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada, “ kata Hadiyanto Rasyid.

Namun untuk bisa membawa kader Hanura duduk di Senayan, tampaknya harus menunggu keputusan akhir, soal penetapan partai-partai yang tidak lolos karena tidak lolos ambang batas parlemen atau Parliamentary Threshold (PT).

Sementara di Kabupaten dan Kota di Sulteng juga raihan partai besutan Oesman Sapta Odang (Oso) ini cemerlang, mendapatkan kursi mayoritas. Bahkan di Kabupaten Morowali akan mendapatkan porsi pimpinan DPRD, disebabkan meraih lima kursi.

“Di kabupaten lain dan juga kota begitu. Tetapi yang di Morowali yang luar biasa, kita raih lima kursi, “ ungkap Hadiyanto.

Di wilayah ibukota Provinsi, Kota Palu, penyebaran kursi Partai Hanura tetap terjaga. Seperti periode 2014-2019 Partai Hanura Kota Palu meraih empat kursi. “Untuk Kota Palu di periode 2019-2024, partai Hanura mempertahankan perolehan kursinya, yaitu tetap empat kursi seperti pada periode sebelumnya, “ ujarnya.

Karenanya, Hadiyanto Rasyid selaku pimpinan DPD Partai Hanura mengharapkan, kedepan apa yang berlaku saat ini menjadi pelajaran, bahwa untuk mendapatkan satu kepercayaan masyarakat itu tidaklah mudah. “Ketika kita mendapatkan kepercayaan itu dijagalah dengan sebaik-baiknya. Jadilah pengemban amanah yang baik. Yang betul-betul menjadi harapan masyarakat. Kalau ini dilakukan dengan baik, saya yakin Hanura kedepan akan lebih baik, “ tegasnya.

Khusus perolehan suara di provinsi, dirinya menyatakan masih menunggu hasil akhir dari perhitungan suara yang dilakukan oleh KPU. Pada kesempatan itu juga, Hadiyanto menyatakan untuk Dapil Tojo Unauna, Morowali, Morowali Utara, dan Poso masih ditunggu kepastian perolehan suaranya, apakah meraih kursi atau tidak.

“Untuk Dapil Tojo Unauna, Morowali, Morowali Utara, dan Poso ini kami masih menunggu terus perhitungan yang sedang berlangsung oleh KPU,”sebutnya.

Mengenai Dapil ini, Hadiyanto menyatakan suara Hanura tidak terpengaruh dengan masalah yang dihadapi oleh salah satu kadernya yaitu Bayu Aleksander Montang, pasca putusan Pengadilan Tinggi, yang menguatkan putusan Pengadilan Negeri Poso yang menyatakan Bayu Aleksander Montang terbukti secara meyakinkan bersalah melakukan pelanggaran pidana Pemilu.

“Pasca putusan KPU terkait salah satu caleg provinsi dari Hanura. Semoga Poso kami masih mengharapkan satu kursi dari sana, selain lima kursi yang telah kami hitung akan diraih Hanura, “ paparnya.

Menurut Hadiyanto, setelah pemilihan, Bayu Aleksander Montang bisa melakukan gugatan. Kalau diterima gugatannya, maka suara yang ada saat pemilihan, akan menjadi haknya yang bersangkutan. Tetapi bila tidak, maka suara sah itu akan masuk di suara partai.

“Partai juga, sejak beliau tersandung masalah, selalu membantu pak Bayu Montang selaku kader partai Hanura, “ ujarnya.

Di akhir pernyataannya, Hadiyanto menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat di Sulteng yang telah memberikan kepercayaan penuh kepada para kader Partai Hanura.

“ Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat Sulawesi Tengah juga Kota Palu, yang telah memberikan kepercayaaan dengan memilih kader kami sebagai calon wakil rakyat di DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten kota masing-masing, “ pungkasnya.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.