Hamsir: Penyertaan Modal Pemkot Palu Hanya Pepesan Kosong

- Periklanan -

Hamsir (Foto:ZainudinJacub)

PALU – Beberapa tahun terakhir ini Pemkot telah mengelontorkan dana APBD  untuk penyertaan modal di sejumlah perusahaan yang ada di Palu. Jumlah dana yang digunakan kata Anggota Banggar Hamsir BE mencapai Rp75 miliar.

Tapi Ironisnya kata Hamsir, yang didapat Pemkot dari penyertaan modal hanya pepesan kosong.

“Artinya Kota Palu tidak memperoleh apapun dari penyertan modal,” kata Hamsir.

Dikatakan Hamsir, ada lima BUMD yang menerima dana penyertaan modal yaitu Bank Sulteng,Perusda, PT CNE, PDAM dan PT PJPP.

“Dalam laporan keuangan Kota Palu, hasil dari penyertaan modal itu tidak terlihat,” kata Hamsir.

Pernyataan Hamsir tersebut membuat Keuangan Irmawati Alkaf tampak berang. “Penyertaan modal kita itu bukan pepesan kosong, untuk penyertaan modal di Bank Sulteng, kita mendapat deviden Rp3 miliar sementara dari PT CNE kita mendapat setoran Rp1 miliar,”jawab Irmawati.

- Periklanan -

Namun kritikan terhadap penyertaan modal pekan ini terus mendapat sorotan dari anggota dewan.

Anggota Komisi A DPRD Palu Rizal Dg Sewang, mengkritisi soal banyaknya anggaran yang digelontorkan Pemkot untuk penyertaan modal untuk sejumlah perusahaan.

“Namun kenyataannya perusahaan yang telah dibantu dengan penyertaan modal tetap tidak bisa menghidupi dirinya sendiri,” kata Rizal.

Padahal kata Rizal, orientasi penyertaan modal adalah peningkatan produktivitas untuk mempercepat pembangunan di Kota Palu.

Dikatakan, dari pada penyertaan modal tidak jelas orientasinya dan tidak jelas gambaran devidennya. Kata Rizal, sebaiknya anggaran yang digunakan untuk penyertaan modal, digunakan untuk program yang berorientasi kebutuhan masyarakat.

“Masyarakat sangat membutuhkan uluran bantuan langsung dari Pemkot. Misalnya untuk kesehatan dan pendidikan,” ungkapnya.

Namun semua itu katanya, terkendala dengan anggaran yang telah dialokasikan untuk penyertaan modal.

Diakui Rizal lagi, saat ini Pemkot tengah mendorong peningkatan PAD dengan mengucurkan dana APBD untuk penyertaan modal di sejumlah perusahaan.(zai)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.