Guru Besar Unhas Berbagi Trik Menulis di Jurnal Bereputasi

Jadi Pembicara pada Webinar FMIPA Untad

- Periklanan -

PALU-Webinar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tadulako menghadirkan guru besar Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Prof Dahlang Tahir SSi MSi PhD sebagai pembicara.

Prof Dahlang memaparkan tentang perlunya akademisi tetap produktif menghasilkan karya tulis ilmiah meski di masa Pandemi. Dalam menulis sambungnya, penulis harus mempersiapkan beberapa hal di awal. Misalnya ide tulisan, jenis manuscript jurnal, siapa sasaran yang akan membaca tulisan, serta memilih jurnal yang tepat. Pada kesempatan itu, Prof Dahlang juga berbagi trik kepada para peserta agar tulisan dapat diterima di jurnal bereputasi.

“Walaupun data yang digunakan dalam tulisan bukanlah sesuatu yang menggunakan metode baru tetapi dengan cara menulis atau menyatakan ada sesuatu yang spesifik maka tulisan akan diterima oleh publisher. Setiap jurnal juga memiliki struktur menulis yang berbeda, sehingga harus mengikuti template dari jurnal yang dituju,” kata Prof Dahlang.

- Periklanan -

Ketua panitia, Sandra, SSi MT mengatakan webinar FMIPA mengangkat tema produktif di masa Pandemi Covid-19. Untuk kali ini kata dia, yang menjadi topik bahasan ialah produktif menulis publikasi ilmiah. Seluruh peserta webinar ini dijelaskan Sandra merupakan para dosen dari seluruh Fakultas di Untad. Selain itu, juga ikut beberapa akademisi dari Unhas Makassar dan Unkrit Tentena Poso dengan total peserta mencapai 150 orang.

“Tujuan kegiatan ini adalah memacu para dosen MIPA khususnya dan Untad umumnya untuk rajin dan terbiasa atau termotivasi dalam menulis publikasi pada jurnal internasional yang bereputasi sebagai bagian dari tridarma Perguruan tinggi,” jelasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan, Kamis (4/6) lalu ini dibuka langsung Dekan FMIPA Untad, Darmawati Darwis SSi MSi PhD. Darmawati menyebut kesempatan mendengarkan langsung paparan dari Prof Dahlang merupakan kesempatan emas. Sebab kata Dekan FMIPA ini, narasumber yang dihadirkan ini juga merupakan Ketua Tim Percepatan Professor di Unhas sehingga dapat mendorong para dosen untuk lebih giat dan termotivasi untuk menulis jurnal.

“Kita juga tau prestasi beliau menulis di jurnal terindeks scopus sampai 48 artikel dalm setahun. Semoga ilmu yang beliau share ke kita semua dapat diaplikasikan yang akan meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi kita. Yang tentu saja harapannya akan langsung berkontribusi dalam mempercepat kenaikan pangkat dan jabatan fungsional para dosen di Untad dan di lingkungan FMIPA khususnya,” demikian kata Dekan FMIPA Untad, Darmawati Darwis sesaat sebelum membuka kegiatan. (saf)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.