Gubernur Tegaskan KIP adalah Program Nasional

- Periklanan -

PALU– Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggola mengeritik pemanfaatan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) oleh partai politik. Program yang masuk dalam RPJMN 2015-2019, melalui program Nawacita itu menurut Gubernur, temuan di lapangan  dimanfaatkan pihak-pihak tertentu.

Lima perwakilan siswa SMA di Banggai menerima KIP yang diserahkan Gubernur H Longki Djanggola saat kunjungan kerja di Kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai, Sabtu (17/2) lalu. KIP juga diserahkan Gubernur di Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai. (Foto: Humas Pemprov Sulteng/Idham)

‘’Bahkan ada partai politik yang membagi-bagikan KIP seakan-akan anggaran yang dikucurkan berasal dari mereka. Padahal program tersebut merupakan program nasional yang dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo dalam program nawacitanya,’’ jelas Gubernur pada kunjungan kerjanya di Kabupaten Banggai, Minggu (18/2).

Penegasan ini juga diungkapkan Gubernur saat menyerahkan KIP, sehari sebelumnya di Kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai. Di Kecamatan Bunta, KIP secara simbolis diserahkan kepada lima siswa, bertempat di SMA Negeri 1 Bunta, Sabtu (17/2).

- Periklanan -

‘’Saya telah berpesan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar menjelaskan asal muasal sumber anggaran KIP,’’ jelasnya.

Di lain sisi, Gubernur mengeritik banyaknya aduan dan laporan yang menyampaikan mosi tidak percaya kepada kepala sekolahnya. Untuk itu, dirinya akan menurunkan tim investigasi untuk mengecek kebenaran informasi tersebut.

‘’Tetapi kalau informasi hanya fitnah belaka, maka akan menjadi penilaian tersendiri bagi pelapor,’’ tegas Gubernur.

Lebih lanjut Gubernur mengungkapkan  prioritas program pembangunan bidang pendidikan di Sulawesi Tengah. Program pendidikan anak usia dini, program pendidikan dasar, meliputi sekolah dasar dan sekolah menengah  pertama, menengah, program pendidikan khusus dan layanan khusus, program pendidikan informal dan non formal.

Hadir pada kesempatan itu, Bupati dan Wakil Bupati Banggai. (awl/*)

 

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.