Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Gubernur Sulteng Buka Poski Pertama Se-Indonesia Timur

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Sekdaprov Sulteng Hidayat Lamakarate menandai dimulainya Poski se Indonesia Timur di Lapangan Vatulemo Palu, Selasa (22/8). (Foto: Humas Pemprov Sulteng)

PALU– Pekan Olah Raga Seni & Kegiatan Ilmiah (Poski) antar mahasiswa se Indonesia Timur yang pertama dimulakan. Poski resmi dibuka Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggola, diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Drs Moh Hidayat Lamakarate MSi, di lapangan Vatulemo, Selasa (22/8).

Pekan olahraga antar mahasiswa se Indonesia Timur (Sulawesi, Maluku dan Papua) yang diprakarsai Universitas Muhammadiyah tersebut diapresiasi Gubernur.

‘’Kegiatan ini sebagai medium memelihara silaturahmi, dan mengembangkan sportivitas, sains dan inovasi kreativitas antar mahasiswa se Indonesia Timur,’’ kata Hidayat membacakan amanat Gubernur H Longki Djanggola.

Dikatakan Sekdaprov, perguruan tinggi sebagai bagian dari lingkungan global juga mesti memberikan sumbangsih terhadap daya saing bangsa, terutama daya saing daerah. Hal ini sejalan dengan visi membangun Sulawesi Tengah yang maju, mandiri dan berdaya saing.

‘’Mengaktualisasi  kapasitas dirinya maupun untuk menempa bakat serta potensinya secara maksimal di tiap bidang yang dilombakan,’’kata Hidayat.

Dalam iven pertama tersebut, ada 6 bidang olahraga yang dipertandingkan masing-masing bola voli, tenis meja, sepaktakraw, futsal, bulutangkis, dan silat. Kemudian 7 bidang seni yakni musabaqah tilawatil quran, musabaqah hifdzil quran, musabaqah syarhil quran, puitisasi terjemahan quran dan hadis, kaligrafi, peragaan busana muslim dan lagu religi.

Selain itu ada 2 bidang riset penelitian yakni lomba debat ilmiah mahasiswa dalam bahasa Arab & lomba debat ilmiah mahasiswa dalam bahasa Inggris.

Kegiatan yang berlangsung dari 22-27 Agustus ini juga berperan strategis sebagai wahana berkolaborasinya jajaran civitas Muhammadiyah Palu bersama kampus-kampus lainnya guna mengeksplorasi dan mem-follow up potensi mahasiswa secara maksimal, sesuai bakat, minat, kemampuan dan kegemarannya baik di bidang olah raga, seni dan riset.

‘’Semoga kegiatan olah raga, seni dan ilmiah bagi mahasiswa dapat semakin ditumbuhsuburkan, sejalan dengan kegiatan-kegiatan akademik yang ada di lingkungan kampus,’’ kata Hidayat menyampaikan harapan Gubernur.(awl/*)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.