Gubernur Resmikan Gedung Baru Badan PPID

- Periklanan -

PALU-Gubernur Sulteng H Longki Djanggola meresmikan penggunaan gedung baru kantor Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi Daerah (PPID) Provinsi Sulteng, di Jalan Garuda, Kota Palu, Rabu (20/3). Peresmian itu disaksikan Sekdaprov Sulteng HM Hidayat Lamakarate, Kepala Badan PPID Sulteng Adidjoyo Dauda, beberapa kepala OPD Pemprov Sulteng, unsur Forkompimda Sulteng, perwakilan Perguruan Tinggi, Direksi Bank Sulteng, dan tokoh masyarakat.

Gubernur H Longki Djanggola mengatakan kerja-kerja Badan PPID Sulteng adalah dalam rangka mendukung kemajuan pembangunan daerah melalui pencapaian visi Sulawesi Tengah maju, mandiri, dan berdaya saing.

“Perkembangan inovasi dan teknologi saat ini menjadi hal penting untuk diperhatikan berbagai pihak, karena inovasi teknologi menjadi dasar bagi kemajuan dan kemandirian suatu bangsa, “ kata Gubernur.

- Periklanan -

Gubernur juah mengatakan, peningkatan sistem inovasi bukanlah hal mudah karena diperlukan kerja sama dan dukungan semua komponen, diantaranya penguatan kelembagaan sumber daya yang berkualitas, yang akan mampu menghasilkan output dan outcome Litbang yang unggul inovatif dan berdaya saing yang pada akhirnya akan mampu meningkatan ekonomi dan daya saing daerah.

Ditambah lagi dengan makin pesatnya perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 sangat mempengaruhi terhadap karakteristik pekerjaan yang ada saat ini. Dimana keterampilan dan pengetahuan menjadi hal pokok yang perlu diperhatikan karena dalam era revolusi industri 4.0 integrasi melalui internet turut merubah perilaku dunia usaha dan industri, beserta perilaku masyarakat dan konsumen pada umumnya. Oleh karena itu, tantangan revolusi industri 4.0 harus direspon secara cepat dan tepat oleh semua pemangku kepentingan.

“Untuk merespon hal tersebut maka saya mengharapkan peran Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi Daerah Sulawesi Tengah dalam menciptakan kolaborasi dan sinergitas melalui kemampuan menyerap informasi dan teknologi (scouring capacity). Mendesiminasikan hasil-hasil riset (disseminating capacity), dan kemampuan lembaga Litbang berbasis sumberdaya local (local resources development capacity), “ urainya.

Kepala Badan PPID Sulteng, Adidjoyo Dauda, pembangunan kantor baru menelan anggaran Rp6 miliar bersumber dari APBD Sulteng 2018. Gedung Badan PPID Sulteng dibangun dari bekas kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Sulteng yang mengalami kebakaran beberapa waktu lalu. Dia berharap gedung baru itu dapat digunakan selama mungkin.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.