Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Gubernur Ingatkan Seluruh Stakeholder Pastikan Pilkada Aman

Kesbangpol Sulteng Gelar Rakor Lintas Stakeholder

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU – Gubernur Sulawesi Tengah, Drs H Longki Djanggola MSi mengingatkan kepada seluruh stakeholder agar dapat memastikan penyelenggaraan Pilkada di Sulawesi Tengah dapat terlaksana dengan aman. Pesan gubernur ini disampaikan dalam rapat koordinasi lintas stakeholder dalam rangka mewujudkan pelaksanaan Pilkada yang damai dan sehat yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah (Kesbangpol) ProvinsiSulteng, kemarin (1/12).

Wakil Gubernur Sulteng, Dr H Rusli Baco Dg Palabbi MH yang membacakan sambutan Gubernur itu menambahkan, penyelenggaraan Pilkada yang aman, kondusif dan sehat merupakan tanggung jawab semua pihak. Sehingga lanjutnya, rapat koordinasi ini penting dilakukan agar seluruh stakeholder memiliki visi yang sama untuk menyukseskan terwujudnya Pilkada yang aman dan sehat.

“Kita bersama mempunyai tanggungjawab untuk mengawal terselenggaranya Pilkada serentak tahun 2020 secara langsung, umum, bebas, dan rahasia atau luber, jujur, danadilataujurdil, aman, sehatdan bertanggung-jawab sesuai dengan tahapan,” ucapnya.

Wagubjugamenyampaikan agar masalah-masalah yang berpotensi muncul jelang pelaksanaan Pilkada dapat dideteksi sedini mungkin sehingga bisa diminimalisasi dampaknya bahkan bisa segera tertangani.

Dalam kesempatan itu, Rusli juga mengingatkan bahwa Pilkada tahun ini akan sangat berbeda. Sebab kata Rusli, selain diperhadapkan dengan Covid-19, isu-isu terkait politik identitas, ujaran kebencian, dan kampanye hitam juga patut diwaspadai agar tidak sampai mengganggu jalannya proses Pilkada.

“Kita semua tidak menginginkan Pilkada diwarnai dengan keributan dan cacat hukum, yang akhirnya menimbulkan kerawanan politik dan keamanan, serta mengganggu ketertiban masyarakat,” tuturnya.

Lebih jauh Wagub menerangkan, untuk menjaga keamanan dan ketertiban dalam penyelenggaraan Pilkada merupakan prioritas penting. Keamanan dan Ketertiban yang tetap kondusif sebelum, selama dan pasca penyelenggaraan Pilkada menjadi salah satu indikator suksesnya pelaksanaan Pilkada. Untuk mencapai hal tersebut sambungnya, diperlukan keseriusan bersama melalui kerjasama dan sinergitas antara komponen terkait serta komponen masyarakat lainnya.

Rapat koordinasi ini dihadiri TNI, Polri, Kejaksaan, BIN dan Kejati yang menjadi narasumber dan diikuti Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Sulteng, KPU Sulteng, Bawaslu Sulteng, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Sulteng, serta instansi pemerintah terkait menjadi peserta.

Sementara itu, Sekretaris Badan Kesbangpol Sulteng, I Wayan Yudana AP MSi yang membacakan laporan panitia menjelaskan, rakor lintas stakeholder ini dimaksudkan untuk menyatukan persepsi dan tindakan dalam mendukung terciptanya Pilkada serentak yang damai dan sehat. (saf/adv)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.