Gubernur Buka STQ Tingkat Provinsi Sulteng

- Periklanan -

Gubernur Sulteng Longki Djanggola didampingi Bupati Donggala Kasman Lassa menakan tombol menandai pembukaan STQ tingkat provinsi SUlteng di Donggala, Sabtu (30/4) malam. (foto: Ujang Suganda)

DONGGALA – Pekan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-24 tingkat provinsi yang berlangsung mulai hari senin 25 April hingga 29 April di pelabuhan Donggala resmi dibuka oleh Gubernur Sulteng, Drs H Longki Djanggola MSi, Sabtu (29/4) malam.

Pembukaan STQ yang disaksikan ratusan ribu pasang mata itu ditandai dengan pemukulan bedug bersama Bupati Donggala, Drs Kasman Lassa SH yang kemudian dilanjutkan dengan penekanan tombol. Pembukaan secara resmi itu juga disaksikan sejumlah pejabat hingga kepala-kepala daerah se Sulteng.

- Periklanan -

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan, STQ adalah sebuah media dakwah yang efektif untuk mengajak umat Islam memahami isi kandungan ayat suci Al Quran dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada sang pencipta. Kata Longki, STQ juga merupakan sarana silaturahim antara keluarga, warga hingga saudara dari agama yang berbeda. “Selain itu STQ juga sebagai sarana untuk menciptakan ukhuwah islamiyah persaudaraan antar sesama umat islam sebagai syarat untuk memperoleh ketenangan, ketentraman, kesejahteraan dan kebahagian hidup di dunia dan akhirat,” serunya.

Oleh karena itu Longki mengajak, agar momentum STQ dijadikan perekat bangsa untuk memperkokoh NKRI dalam bingkai bhineka tunggal ika sebagai karakter ahklak dan moral bangsa yang mulia. “Insya Allah semua ini akan menjadi kekuatan persatuan dan kebersamaan serta kerukuran baik diantara sesama warga bangsa, pemimpin dan rakyatnya sehingga lahir karakter kebangsaan yang kuat agar kita dapat menyukseskan seluruh agenda pembangunan bagi peningkatan kesejahteraan rakyat,” ungkapnya.

Melalui pelaksanaan STQ tersebut, Longki juga mengajak kepada kamu muslim untuk terus meningkatkan pemahaman akan arti dan makna ayat-ayat suci Al Quran  dengan benar. Longki berharap kepada Alim Ulama dan tokoh agama agar dapat lebih memberikan pemahaman keagamaan dan kebangsaan dengan cara yang lebih sejuk dan toleransi. “Bangun tatanan kehidupan bermasyarakat yang lebih beradab dan wujudkan kerukunan antar umat beragama. Jika timbul permasalahan di tengah masyarakat, maka ajarlah untuk menyelasaikan masalah tersebut secara santun, berkeadaban serta menjauhi bentuk anarkis dan kekerasan,” pesan Longki.

Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov), Longki sangat berterima kasih dan mengapresiasi kepada masyarakat dan Pemkab Donggala yang telah berusaha menyukseskan pelaksanaan STQ. Diharapkan pula melalui STQ tersebut, akan tumbuh generasi yang senantiasa membawa pembaharuan menuju masyarakat yang islami. “Saya sangat mengapresiasi kerja keras Pemkab Donggala dan pihak-pihak terkait dalam menyukseskan STQ tingkat provinsi yang ke-24 ini,” tandasnya. (ujs)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.