Gubernur Akui Kemiskinan di Sulteng Masih Tinggi

- Periklanan -

Gubernur H Longki Djanggola menyampaikan pidato pada acara doa bersama lintas agama, Minggu malam (31/12). (Foto: Ismail/Humas Pemprov)

PALU– Gubernur H Longki Djanggola mengatakan, kajian Asia Competitiveness Institute, Lee Kwan Yew School Of Public Policy, National University Of Singapore, merilis bahwa peringkat daya saing dan strategi pembangunan di 34 provinsi di Indonesia pada tahun 2017.

Ada empat elemen yang menjadi dasar yakni daya saing stabilitas ekonomi makro, perencanaan pemerintahan dan institusi, kondisi keuangan, bisnis dan tenaga kerja, serta kualitas hidup dan pembangunan infrastruktur.

- Periklanan -

Daya saing Provinsi Sulteng terus meningkat dari tahun ke tahun. Dari peringkat 20 di tahun 2015 menjadi peringkat 14 pada tahun 2016. Pada tahun 2017 kembali meningkat ke posisi 12. Untuk peringkat kawasan Indonesia Timur, yang melingkupi Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara, Provinsi Sulawesi Tengah hanya berada di bawah Provinsi Sulawesi Selatan. Berarti Sulawesi Tengah menempati urutan ke 2 di kawasan Indonesia Timur.

Hal itu disampaikan Gubernur H Longki Djanggola dalam pidato akhir tahun dalam acara doa bersama lintas agama di halaman kantor gubernur, Minggu malam (31/12).

Di hadapan para tokoh agama, pejabat pemerintah, dan ratusan undangan, Gubernur dengan cermat menyampaikan, secara makro kajian tersebut telah sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang ada di Sulawesi Tengah. Gubernur Longki mengaku masih ada satu kendala, yakni angka kemiskinan yang cukup tinggi di wilayahnya.

Jumlah penduduk miskin di Sulawesi Tengah pada Maret 2017 sejumlah 417.870 jiwa atau sebesar 14,14 persen dari seluruh penduduk Sulawesi Tengah. Angka ini masih lebih tinggi dari rerata nasional yaitu 10,64 persen. Untuk itu Gubernur Longki ke depan akan fokus pada pengentasan kemiskinan. Pembangunan Sulawesi Tengah ke depan mengarahkan dan menitikberatkan pada masyarakat berpenghasilan rendah, khususnya yang rentan miskin, miskin dan sangat miskin.(sya/*)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.