Gempa Bumi 4,2 SR Guncang Tambarana

- Periklanan -

Gempa berkekuatan 4,2 Skala Richter (SR) yang mengguncang Tambarana Kabupaten Poso pada Jumat (1/9) malam. (Foto: BMKG Palu)

POSO – Masyarakat yang berada di Desa Tambarana Kabupaten Poso pada Jumat (1/9) malam sekitar pukul 20.34 Wita dikagetkan dengan peristiwa gempa bumi. Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofiisika (BMKG) Stasiun Geofisika Klas I Palu menyebutkan gempa bumi tektonik tersebut berkekuatan 4,2 Skala Richter (SR)

“Gempa ini dapat dirasakan di Tambaranan dan daerah disekitarnya. Kekuatannya lemah,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Klas I Palu Petrus Demon Sili MSi tadi malam.

Hasil analisis BMKG menunjukkan lokasi pusat gempa berada di darat, 10 km arah barat daya Tambarana pada koordinat 1.24 LS – 120.50 BT kedalaman 10 km.

- Periklanan -

“Ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktifitas Sesar Sausu,” lanjut Petrus lagi.

Masih kata Petrus, getaran gempa bumi diperkirakan dirasakan pada skala II SIG (skala intensitas gempa bumi) BMKG atau setara IV MMI di Tambarana dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi.

“Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak orang, tetapi tidak menimbulkan kerusakan. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang, jendela kaca bergetar,” jelas Petrus.

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima BMKG, Petrus memaparkan getaran gempa bumi dirasakan lemah sampai sedang (II SIG BMKG / III MMI) di Poso dan sangat lemah (I SIG BMKG / II MMI) di Wuasa.

“Terkait dengan peristiwa gempa bumi masyarakat di sekitar lokasi sumber gempa bumi diimbau tetap tenang. Mengingat gempa bumi yang terjadi berkekuatan relatif kecil dan tidak berdampak merusak,”  tutup Petrus. (acm)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.