Gelar Gateball Menuju New Normal

- Periklanan -

PALU-Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), menggelar turnamen Gateball kategori double dalam suasana New Normal pasca mewabahnya pandemi Covid-19. Menurut Kepala Dinas (Kadis) Bina Marga dan Penataan Ruang Sulteng, Syaifullah Djafar, mengatakan kegiatan Gateball ini merupakan kegiatan yang rutin kita laksanakan. Baik itu di lingkup Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulteng, ataupun di lingkup Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Sulteng.

“Kita ketahui sudah beberapa bulan terakhir ini kita harus melakukan beberapa kegiatan yang terbatas. Beberapa aktifitas rutin tidak bisa dilakukan lagi. Tetapi sekarang kita masuk ke fase New Normal, sehingga kita mengaktifkan kembali pertandingan Gateball. Tetapi, kita mulai dari lingkungan pegawai yang ada di Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Sulteng, “ jelas Kepala Dinas (Kadfis) Bina Marga dan Penataan Ruang Sulteng, Syaifullah Djafar, kepada Radar Sulteng, saat membuka kegiatan pertandingan, Senin kemarin (29/6).

Dalam pelaksanaan kegiatan pertandingan Gateball antar pegawai di lingkup Dinas Bina Margaa dan Penataan Ruang Sulteng, memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah pandemi Covid-19. Terutama menjaga jarak, menggunankan masker, sarung tangan, dan mencuci tangan di air mengalir.

Mengenai sistem pertandingannya, dijelaskan Kadis Saifullah Djafar, mempertandingkan kategori double, pemain yang ada di lapangan tidak terlalu banyak. Gateball itu bisa mempertandingakan single, double, triple, dan beregu.

“ Pertandingan Gateball yang kita laksanakan kali ini kategori double, karena tidak memungkinkan untuk melaksanakan kategori beregu. Sebab beregu itu ada 10 orang, sebelas bersama wasit di lapangan. Sedangkan pertandingan double itu hanya ada empat orang di lapangan, “ jelas Syaifullah.

Waktu pertandingan digelar pagi hari, dengan harapan menyerap atau mendapatkan sinar matahari untuk meningkatkan imun selama dua jam.

- Periklanan -

“Kita memilih pertandingan ini di pagi hari. Kita berharap juga bisa mendapatkan sinar matahari untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Pertandingan juga hanya berlangsung selama dua jam setiap hari, dimulai pukul 07.30 Wita, setelah itu kita kembali bekerja seperti biasa, “ ungkapnya.

Selain itu, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Sulteng juga memiliki klub lari, klub motor, dan sepeda. Menurut Syaifullah semua itu tetap dilakukan, dengan memperhatikan protokol kesehatan. “Paling utama kita melakukan pembatasan-pembatasan peserta yang juga berkaitan dengan jarak. Kita jaga dan terus menerus kita memperhatikan protokol kesehatan, “ sebutnya.
Bila semua keadaan sudah stabil, tandas Syaifullah, terutama dikegiatan olahraga kemungkinan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Sulteng, akan kembali memikirkan membuka kegiatan bertaraf iven yang melibatkan masyarakat di luar dinas.

“ Yah, saat ini ada dua perencanaan awal dulu. Kita mulai lagi berolahraga di lingkungan tempat kerja kita. Kedua, kita berusaha meningkatkan imunitas kita, dalam rangka menghadapi pandemi Covid-19 ini. Selanjutnya, iven-iven pertandingan itu pasti akan kita laksanakan, sambil melihat perkembangan pandemi Covid-19 ini, “ tegasnya.

Pada kesempatan itu, Kadis Syaifullah Djafar yang juga Ketua Umum Pergatsi Sulteng, menjelaskan para atlet Pergatsi Sulteng masih terus melakukan latihan setelah dinyatakan lolos dalam lima cabang kualifikasi Gatebal.

“Meskipun ditunda PON XX di Papua, kami dari Pergatsi Sulteng tetap melakukan latihan-latihan yang intens sebagai upaya persiapan menghadapi PON XX ini. Latihan kami masih berskala terbatas yang kami laksanakan di lapangan Vatulemo Walikota Palu, “ terangnya.

Sejauh ini, tambah Sayaifullah, pihaknya masih menunggu perkembangan dari panitia PON untuk pelaksanaannya. Para atlet tetap mengikuti latihan demi latihan.

“ Yang penting semua atlet kita tetap siap. Sebetulnya di lapangan Vatulemo kita juga melakukan persiapan-persiapan, latihan-latihan, tetapi dalam skala terbatas, “ pungkasnya.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.