Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Gardu PLN di Karampe Meledak Lalu Terbakar

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Petugas dari PLN, melakukan perbaikan gardu yang terbakar di Jalan Sam Ratulangi, Karampe Kamis (20/4) malam. (Foto: Hanif)

PALU – Warga di Jalan Sam Ratulangi, Karampe, Kamis malam (20/4) sekitar pukul 20.00 dikejutkan dengan ledakan yang berasal dari gardu PLN yang terletak tepat di depan Perwakilan New Armada.

Adi, yang sehari-harinya berjualan Martabak dan aneka kue, mengaku hanya berjarak beberapa meter dari lokasi gardu yang terbakar tersebut. Saat kejadian, dia bersama rekannya berjualan. Tiba-tiba dia melihat ada kobaran api dekat kompornya. “Awalnya kami menyangka, gas dari kompor yang meledak. Kemudian baru kelihatan, ada api dari dalam gardu dan di bagian atas,”kata Adi yang langsung menyingkir.

Ledakan disertai kobaran api, mengundang perhatian warga. Beberapa di antaranya, langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran. Ada juga yang menghubungi bagian keluhan PLN, dan melapor ada gardu yang terbakar. “Dua kali saya telepon ke nomor aduan PLN. Begitu diangkat, langsung saya bilang ada gardu yang terbakar di Karampe,”kata warga yang malu-malu menyebut namanya.

Saksi lainnya yang melihat ledakan, Dede. Bocah umur belasan tahun tersebut, mengaku kaget ketika mendengar ledakan. Dede, mengaku belum tahu asal ledakan. Dia, menyangka ledakan berasal dari kompor penjual martabak, yang memang hanya berjarak beberapa meter dari gardu. Dede, juga mengaku sempat menyangka, ledakan berasal dari salah satu rumah.  “Nanti ada api, baru kita tahu, ternyata yang meledak gardu PLN. Kita langsung lari om, takut apinya menyebar,”kata Dede lugu.

Petugas PLN, datang hampir bersamaan dengan satu unit mobil Pemadam Kebakaran. Melihat ada petugas PLN, petugas pemadam hanya bersiap-siap dan tidak melakukan penyemprotan. Petugas PLN yang datang, langsung membuka penutup gardu. Asap hitam disertai bau yang menyengat, khas dari kabel yang terbakar langsung tercium.

“Ada komponen pembatas yang terbakar, langsung menjalar ke jaringan kabel. Kita upayakan, malam ini bisa diperbaiki. Untungnya hanya jaringan yang terbakar, bukan gardunya, sehingga perbaikannya bisa cepat,”kata salah seorang petugas dari PLN.

Yang menarik, warga sempat terkejut, ketika gardu meledak, saat itu juga hampir seluruh lampu penerangan jalan, yang selama ini tidak pernah menyala dan hanya seperti pajangan, langsung menyala. “Ini artinya lampu jalan ini ada balonnya dan masih bagus, cuma tidak pernah dialiri listrik, makanya tidak pernah menyala. Jadi untuk apa lampu jalan itu, kalau tidak pernah menyala, hanya seperti pajangan saja,”kata warga lainnya yang ditemui di dekat gardu.(hnf)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.