Fraksi Gerindra DPRD Sulteng Bantu Korban Kebakaran Tolitoli

- Periklanan -

TOLITOLI-Fraksi Gerindra DPRD Sulteng, baru saja memberikan dan menyalurkan bantuan kepada para korban kebakaran di Lingkungan Empang Kelurahan Sidoarjo Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli. Bantuan kemanusiaan berupa bahan makanan, obat-obatan, sarung, dan pakaian ini terasa sangat berguna dan menjadi kebutuhan para korban yang saat ini berada di tempat pengungsian sementara, dan ada pula yang ditampung di salah satu gedung di pelataran pelabuhan Dede Tolitoli, menunggu hunian yang layak.

Kepada Radar Sulteng, Ketua Komisi IV DPRD Sulteng, Dr. Alimuddin Paada, yang juga Wakil Ketua DPD I Partai Gerindra Sulteng menjelaskan, bahwa bantuan yang diberikan itu merupakan bantuan dari ketua dan seluruh anggota DPD I Gerindra Sulteng yang dipimpin Ketua DPD I Gerindra Sulteng H. Longki Djanggola bersama Wakil Ketua II DPRD Sulteng Hj. Zalzulmida A. Djanggola, yang sudah turun memberikan bantuan yang selama ini dihimpun untuk meringankan beban keluarga korban di Tolitoli.

“Alhamdulillah, penyaluran bantuan dari Fraksi dan Partai Gerindra Sulteng untuk para korban kebakaran di Tolitoli berjalan lancar. Sebanyak 206 Kepala Keluarga yang rumahnya terbakar sudah kami santuni dan diberikan bantuannya, “ kata Alimuddin Paada, yang saat itu didampingi anggota DPRD Sulteng dari Fraksi Gerindra, H. Ambo Dalle dan Faisal Alatas, SH, Rabu (19/2).

Menurut, Alimuddin Paada yang saat ini masih berada di Kota Tolitoli, penyerahan itu disaksikan Koordinator Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulteng di Kabupaten Tolitoli, Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Lurah Sidoarjo, ketua RW dan ketua RT setempat, yang menjadi lokasi kebakaran, yang terjadi di awal Februari 2020 lalu.

- Periklanan -

Alimuddin menjelaskan, kondisi terkini para korban dalam keadaan baik. Sebelumnya, warga korban kebakaran bisa selamat dari amukan api karena banyaknya bangunan jembatan layang beton (sebutan warga setempat, red), sehingga api terhambat dan menyelamatkan warga. “ Sekitar 99 persen rumah warga terbuat dari kayu, namun jembatan beton menjadi penyelamat warga dari kebakaran, “ ungkapnya.

Melihat penderitaan warga saat ini, maka Fraksi Gerindra, kata Alimuddin, berkomitmen dan mendukung semua upaya-upaya dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng untuk membantu ketersediaan hunian sementara (Huntara) bagi warga korban. Fraksi Gerindra terus mengawal semua upaya ini.

“Satu hal yang kita akui adalah Koordinator BPPD sangat sigap dan penuh perhatian terhadap penyelamatan dan penanggulangan warga. Pemprov Sulteng juga telah banyak membantu dan memerintahkan dinas terkait untuk membantu para korban, “ ujar Alimuddin.

Demikian juga yang disampaikan H. Ambo Dalle, bahwa Ketua DPD Gerindra Sulteng H. Longki Djanggola telah mengarahkan ketua Fraksi Gerindra, untuk menggalang bantuan para korban bencana kebakaran ini, serta meminta agar Fraksi Gerindra secepatnya turun membantu dan menyalurkan bantuan yang sudah terkumpul itu ke Tolitoli.

“Ketua DPD Gerindra Sulteng telah mengarahkan dan meminta agar Fraksi Gerindra di DPRD Sulteng segera menggalang bantuan, dan secepatnya menyalurkan bantuan itu ke Tolitoli, “ papar Ambo Dalle.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.