FP Teluk Tomini | Lomba Perahu Layar Akan Lalui Tujuh Etape

- Periklanan -

Peserta lomba perahu layar menjelang finish di Pantai Kayubura tahun lalu. (f-dok)

PARIMO – Selain menggelar lomba lari marathon internasional 10 kilo meter, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong (Parimo) juga menggelar lomba perahu layar tradisional. Lomba perahu layar yang merupakan rangkaian kegiatan Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT) tersebut adalah yang kedua kalinya dilaksanakan di Kabupaten Parimo.

Seperti tahun lalu, lomba perahu layar tersebut akan start dari dermaga Desa Moutong Barat Kecamatan Moutong dan finish di lokasi eks Sai Tomini Pantai Kayubura Desa Pelawa Baru Kecamatan Parigi Tengah.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Sabaruddin Kilis selaku penanggungjawab lomba perahu layar mengatakan, seluruh peserta lomba akan dilepas oleh Bupati Parimo, H Samsurizal Tombolotutu dari dermaga Desa Moutong Barat pada Senin 3 April mendatang.

Lomba akan dibagi dalam dua kategori yakni perahu Sande dan kategori perahu layar nelayan biasa yang peserta dari seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Parimo dan perwakilan dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Parimo.

- Periklanan -

Dikatakan seluruh peserta lomba akan menempuh perjalanan selama tujuh hari dengan melalui tujuh etape yakni etape pertama Moutong-Bajo Samabahari, etape kedua Bajo Samabahari-Tingkulang  KecamatanTomini dan etape ketiga Tingkulang-Tinombo.

Selanjutnya etape keempat dari Dermaga Tinombo menuju Pantai Desa Katulistiwa Kecamatan Tinombo Selatan,  etape kelima  dari Desa Katulistiwa menuju Desa Labuan Donggulu Kecamatan Kasimbar,  kemudian etape keenam dari Desa Labuan Donggulu menuju Pantai Wisata Desa Tolole Kecamatan Ampibabo serta etape terakhir atau etape ketujuh dari Desa Tolole menuju garis finish di Pantai Kayubura Desa Pelawa Baru Kecamatan Parigi Tengah.

Untuk menghindari risiko, seluruh pelayaran dilaksanakan pada siang hari. Peserta akan bermalam pada setiap etape yang disinggahi.

“Seluruh peserta dijadwalkan finish di Pantai Kayubura pada tanggal 9 April mendatang sekitar pukul 11.00 wita,”ujar Sabaruddin.

Terkait kesiapan pelaksanaan lomba tersebut menurut Sabaruddin sudah siap dilaksanakan karena panitia sudah berpengalaman melaksanakan kegiatan serupa tahun lalutermasuk kesiapan tim medis, SAR, keamanan dan unsur pendukung lainnya. (aji)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.