Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

FKUB Sulteng Perkuat Trikerukunan Umat Beragama

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

SIGI – FKUB Provinsi Sulawesi Tengah pada Kamis, (25/03) melakukan kunjungan “Muhibbah Kerukunan” di Desa Lewonu – Lembantongoa Kecamatan Pololo Kabupaten Sigi. Rombongan dipimpin langsung Ketua FKUB Sulteng Prof. Dr. H. Zainal Abidin. M.Ag.
Sekretaris FKUB Sulteng, Dr. H. Muhtadin Dg Mustafa MHi menjelaskan,  kunjungan tersebut dimaksudkan untuk memperkuat Trikerukunan Umat Beragama yakni, Kerukunan Intern umat, antar umat dan antara umat dengan pemerintah.
Mantan pengurus FKPT Sulteng menjelaskan bahwa Muhibbah Kerukunan adalah salah satu program utama FKUB Sulteng dan sudah berlangsung sejak tahun 2019 lalu dengan cara mengunjungi rumah-rumah ibadah dan berdialog dengan pimpinan umat dan jemaat setempat guna memperkecil kesalahpahaman dan memperkuat persaudaraan sesama umat.
”Muhibbah Kerukunan kali ini merupakan yang pertama kali di tahun 2021. FKUB memilih lokasi di Desa Lembantongoa mengingat masyarakat setempat pernah dilanda tragedi kemanusiaan terorisme terhadap sejumlah warga pada akhir Desember 2020 lalu,” sebutnya.
Selain Muhibbah kerukunan, FKUB Sulteng juga ikut menyaksikan peresmian 12 unit rumah yang dibangun oleh Bala Keselamatan yang diperuntukkan kepada para korban tragedi kemanusiaan, bukan hanya mereka yang beragama Kristen Bala Keselamatan tetapi juga yang beragama Islam.
Pada kesempatan itu lanjut Muhtadin, Ketua Umum FKUB Sulteng juga berkenan menyerahkan bantuan beras sebanyak 500 kilo yang diterima secara simbolis oleh Kades Lembantongoa mewakili masyarakat dan Ibu Mama Jannah mewakili para korban.

Ketua Umum FKUB Sulteng Prof Zainal Abidin pada kesempat itu menghimbau agar warga masyarakat senantiasa menjaga kerukunan dan persaudaraan sesama umat manusia guna mewujudkan persaudaraan sebangsa. ”Jangan tonjolkan perbedaan tetapi lebih mengedepan persamaan. Meski kita berbeda dalam keyakinan karena hal itu tidak mungkin dapat disamakan tetapi pada prinsipnya kita semua sangat menjunjung tinggi keharmonisan sebagai sifat dasar semua manusia,” kata mantan Rektor IAIN Palu itu.
Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi, Direktur Binmas Polda Sulteng, Pimpinan Bala Keselamatan Komandan Teritorial KPT Bandung Kolonel Yusak Tampai bersama ibu  Widyawati Tampai, Pimpinan Bala Keselamatan Devisi Palu Timur Mayor Erik A. Kape dan masyarakat serta jemaat Bala Keselamatan di dataran Palolo.
Acara diakhiri dengan pengguntingan pita tanda peresmian rumah oleh pimpinan teritorial pelayanan wanita Kolonel Widyawati Tampai yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan rumah para korban.
Meski rombogan FKUB cukup kelelahan dalam perjalanan karena medan jalan yang berbatu, terjal dan berbecek dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam namun semua itu sirna karena melihat masyarakat yang antusias menerima kedatangan rombongan FKUB Sulteng. Masyarakat sangat senang dengan kunjungan FKUB yang berjumlah 20 orang dan disuguhi pesan-pesan kemanusiaan oleh Ketua FKUB Sulteng yang sesekali diselingi canda, tawa dan humoris dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, sehingga tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 13.00 Wita. ”Semoga muhibbah kerukunan kali ini dapat bermanfaat bagi umat dan bangsa,” kata Dr Muhtadin Dg Mustafa MHi dalam rilisnya kepada Radar Sulteng. (*/lib)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.