Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

FISIP Untad Terapkan Larangan Merokok di Kelas

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Ilustrasi (@jpnn.com)

PALU – Menindaklanjuti Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Tadulako mulai menerapkannya.

Penerapan KTR sendiri sudah dilakukan sekitar awal Juni. Dimana sebelumnya Perda KTR ini telah disosialisasikan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Untad.

Selain menciptakan udara yang bersih dan sehat, tujuan diberlakukannya Perda KTR ini adalah untuk menunjang akademik di FISIP.

“Salah satu program kita di FISIP adalah lingkungan yang bersih, hijau dan sejuk. Makanya mengapa kami mulai menerapkan Perda KTR ini,” sebut Dekan FISIP Untad, Dr Muh Nur Ali MSi, Senin (21/7).

Menurut dekan yang akan menjabat hingga periode 2021 ini, mengubah kebiasaan seseorang tidaklah mudah, termasuk mengubah perilaku perokok untuk tidak merokok di sembarangan tempat.

Dari yang sebelumnya bebas merokok dimana saja, menjadi merokok di tempat khusus atau ruang KTR. “Kami awali dengan sosialisasi terlebih dahulu sehingga siapa saja yang datang di lingkungan FISIP perlahan tapi pasti akan sadar,” ujarnya.

Nur Ali mengatakan, Perda KTR sendiri diberlakukan bagi semua orang yang berada di lingkungan FISIP Untad, termasuk mahasiswa.

Diakuinya, hingga sekarang pun masih banyak mahasiswa yang merokok tanpa memperhatikan kawasan atau tempat-tempat yang seharusnya bebas dari asap rokok. Salah satu lokasinya adalah kelas. Padahal aturan pun telah melarang mahasiswa untuk tidak merokok di dalam kelas.

Perilaku inilah yang coba diubah agar program FISIP menciptakan suasana akademik yang nyaman itu dapat terlaksana dengan baik. “Lingkungan itu akan selalu membingkai aktivitas akademik, makanya program kami yang paling utama adalah menata lingkungan,” terangnya. (jcc)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.