Fasilitas Hutan Mangrove ‘Diembat’ Maling

- Periklanan -

Kawasan wisata Tracking Mangrove yang berada di Desa Matansala, Kecamatan Bungku Tengah masih dalam proses pembangunan. (Foto: Moh. Fasial)

MOROWALI – Di tengah-tengah usaha Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali melakukan pembangunan kawasan wisata hutang mangrove (tracking mangrove), masih ada juga beberapa oknum warga yang berusaha merusaknya.

Hal tersebut terbukti, saat beberapa fasilitas yang terpasang di seputaran kawasan tracking mangrove tersebut diembat maling. Padahal, saat ini pembangunan lokasi tracking mangrove yang dilaksanalan Pemkab Morowali  bekerjasama dengan organisasi SDC Morowali ini sudah memasuki tahap pembangunan infrastruktur jalan alias jembatan.

- Periklanan -

Dari pantauan Radar Sulteng di lokasi kawasan Tracking Mangrove Selasa kemarin (17/6), terlihat papan pemberitahuan yang disediakan oleh organisasi SDC Morowali rusak parah. Papan pemberitahuan yang terbuat dari kayu balok dan triplex tersebut, hancur hingga terbagi beberapa bagian.

Selain itu, beberapa kabel instalasi yang terpasang di pintu masuk area tracking mangrove tersebut juga hilang tanpa jejak. Hal ini menandakan, bahwa di area tracking yang letaknya berhadapan langsung dengan Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Morowali ini rawan terjadi pencurian.

Ketua organisasi SDC Morowali selaku penanggung jawab pembangunan kawasan wisata tracking mangrove bernama Kasmudin mengatakan, bahwa semenjak berdirinya gerbang pintu masuk lokasi tracking mangrove tersebut sudah banyak fasilitasi yang hilang dan mengalami kerusakan.

“Belum lama ini, lampu variasi yang menghiasi pintu gerbang juga hilang. Sebelum semakin banyak fasilitas yang hilang dan rusak, kami akan melakukan pengawasan ketat di areal tracking mangrove ini. Kalau bisa, rencananya kami akan memasang CCTV di sini supaya identitas para pelaku bisa kami ketahui dan kami laporkan kepada aparat kepolisian,”tegas Kasmudin saat dimintai keterangan, Selasa kemarin.(fcb)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.