Fasilitas Hotspot Wifi Gratis Bagi Siswa di Huntara

Sinergi BMPD, BI dan Polda Dukung Pendidikan di Masa Pandemi

- Periklanan -

PALU – Pendidikan menjadi salah satu faktor kunci kemajuan suatu bangsa. Begitu pula untuk Sulawesi Tengah yang selepas dihantam bencana pada tahun 2018, kini tengah berusaha bertahan terhadap terpaan pandemi Covid-19. Menyadari hal tersebut, melalui program yang diinisiasi oleh Kapolda Sulawesi Tengah, Bapak Irjen Abdul Rakhman Baso, Bank Indonesia dan Perbankan di Sulawesi Tengah yang tergabung dalam Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BPMD) bersinergi untuk mengulurkan kepeduliannya dalam mendukung pendidikan di Sulawesi Tengah melalui program social penyediaan hotspot WiFi gratis bagi siswa penyintas bencana yang tinggal di huntara.

Dalam kondisi pandemi ini para siswa terpaksa tidak dapat hadir secara langsung di sekolah dan harus mengikuti sekolah secara daring (online). Hal ini tentu cukup menyulitkan khususnya bagi mereka yang tinggal di huntara untuk dapat menyediakan paket data yang stabil setiap harinya demi mengikuti pelajaran daring.

BERI SAMBUTAN : Kepala KPw Bank Indoensia yang juga Ketua BMPD Sulteng, M Abdul Majid Ikram saat memberikan sambutan pada peresmian hotspot wifi gratis bagi siswa. (FOTO : DOK BANK INDONESIA)

- Periklanan -

Program dan fasilitas tersebut sudah dapat dimanfaatkan di tiga huntara yaitu Huntara Lere Diponegoro, Huntara Batu Bata Indah dan Huntara Petobo. Ketiga huntara tersebut dipilih dengan mempertimbangkan jumlah siswa dari tiap huntara serta aspek teknis pemasangan access point WiFi dari penyedia jaringan. Hotspot tersebut disediakan di beberapa titik strategis di huntara sehingga dapat dimanfaatkan oleh para siswa dengan aman dan nyaman tanpa harus berkumpul dalam satu ruangan dan tentunya sesuai dengan protokol kesehatan new normal.

Menandai penggunaan fasilitas ini, diselenggarakan peresmian yang dihadiri oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, Kapolda Sulawesi Tengah, Kepala Perwakilan Bank Indonesia serta jajaran Forkopimda Sulawesi Tengah dan Pimpinan Perbankan lainnya. Dalam kesempatan tersebut M. Abdul Majid Ikram selaku Ketua Badan Musyawarah Perwakilan Daerah (BMPD) Sulawesi Tengah dan Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tengah menyampaikan apresiasi dan harapannya terkait kegiatan sosial tersebut.

“Bank Indonesia dan perbankan di Sulawesi Tengah yang tergabung dalam Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Sulawesi Tengah memiliki concern yang sangat besar bagi terjaganya kelancaran pendidik anak-anak selama masa pandemi Covid-19 ini. Pendidikan berbasis online berperan untuk mempertahankan kualitas pendidikan nasional yang sempat tersendat akibat dihentikannya KBM di sekolah secara tatap muka. Untuk itu, ide membantu pendidikan daring bagi anak-anak di huntara melalui penyediaan fasilitas WiFi gratis bersinergi dengan Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah merupakan langkah yang sangat cerdas dan inovatif serta mengenai langsung bagi masyarakat yang membutuhkan. Untuk itu, BI dan BMPD Sulteng sangat mendukung program ini sekaligus memberikan edukasi digitalisasi e-banking dan e-commerce bagi masyarakat luas,” demikian kata Kepala KPw Bank Indonesia Provinsi Sulteng, M Abdul Majid Ikram yang juga Ketua BMPD Sulteng. (saf)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.