Faktanya, Tambang Batu Gajah di Duyu Masih Beroperasi

- Periklanan -

Aktivitas penggalian dan pengangkutan batu gajah di Kelurahan Duyu, sore kemarin sekitar pukul 17.00 masih beroperasi. Sementara DLH dan pihak Kelurahan mengklaim aktivitas pertambangan sudah dihentikan. (Foto: Mugni Supardi)

PALU – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu menyatakan aktivitas pengambilan batu gajah di kelurahan Duyu Kecamatan Tatanga Kota Palu sudah dihentikan.

Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan dan Pengawasan DLH Kota Palu Agus Winarno, mengatakan jika kegiatan pengambilan batuh gajah di lokasi galian C Kelurahan Duyu baik oleh Perusahaan maupun perorangan sudah tidak ada lagi.

“Kegiatannya sudah dihentikan sejak dua hari yang lalu (Rabu),” ungkapnya kepada Radar Saat saat dihubungi via ponsel, Kamis (22/2).

Menurutnya, tidak adanya kegiatan atau aktivitas pengambilan batu gajah itu berdasar peninjauan langsung di lapangan.

- Periklanan -

“Hasil peninjauan staf teknis saya di lapangan tidak ada lagi kegiatan,” katanya.

Agus Winarno, mengungkapkan pada saat peninjauan di lapangan pemberhentian sementara kegiatan ilegal juga berdasarkan pihak pemerintah Kelurahan Duyu.

Dihubungi terpisah, Lurah Duyu Nurdin F Adam saat di konfirmasi, Kamis siang mengakui jika kegiatan pengambilan batu gajah sudah tidak ada lagi.

“Kebetulan kemarin yang datang memantau langsung dari Polda Sulteng dan dari DLH kota sendiri dan meminta menghentikan sementara kegiatan tersebut,” ucapnya.

Sementara Plh Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Hery Murwono, mengatakan pihak kepolisian telah melakukan imbauan secara tertulis kepada para penambang yang melakukan aktivitas pengambilan batu gajah. “kita hanya mengimbau saja agar segera mengurus perizinannya. Sampai saat ini masih sebatas memberikan imbauan saja,” katanya.

Hasil pemantauan Radar Sulteng di lokasi aktivitas galian c batu gajah di kelurahan Duyu, sekitar 17.00 bertentangan dengan pernyataan pihak DLH dan pihak Kelurahan Duyu. Masih ada dua alat berat berporerasi mengangkat batu batu gajah ke truk. Juga terpantau ada tiga truk masih berantivitas mengangkut batu gajah. (cr7/who/acm)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.