E-Tilang Segera Diterapkan di Palu

- Periklanan -

Ilustrasi (@jpnn.com)

PALU-Polres Palu akan menerapkan aplikasi elektronik tilang (e-tilang). Hal itu guna mempermudah pelayanan pembayaran denda atau sanksi tilang pelanggar lalu lintas dengan langsung berhubungan dengan pihak Bank.

Meski sosialisasi e-tilang di Kota Palu belum dilakukan merata oleh jajaran Sat Lantas Polres Palu, sistem ini tetap akan digunakan pada sebuah operasi penegakan hukum kendaraan. Seperti yang akan dilakukan Satlantas Polres Palu dalam Operasi Patuh Tinombala 2017, Mei mendatang.

“Dalam penerapan e-tilang dengan berbasis teknologi Adrouid, pelanggar akan berhubungan langsung dengan pihak Bank,”ungkap Kasat Lantas Polres Palu AKP Hangga Utama Darmawan SIK.

- Periklanan -

Manfaat diterapkanya e-tilang dapat mempermudah masyarakat untuk membayar denda atau sanksi tilang, dengan besaran jumlah denda sesuai apa yang tertera pada nominal di Undang-Undang.

“Kalau untuk jumlah atau besaran sanksi tilang keputusan bukan sama kami, sebab sepenuhnya kebijakan sanksi ada kepada pengadilan,” kata Hangga.

Menurut Hangga, di daerah maju di luar wilayah Sulteng sudah benyak menggunakan sistem e-tilang. Satlantas Polres Palu sudah siap menggunakan sistem tersebut, untuk mempermudah penegakan kepada pelanggar lalu lintas.

“Kami sudah punya aplikasi e-tilang dan tentunya kalau untuk diterapkan sudah bisa kami lakukan, akan tetapi untuk menggunakan e-tilang tentunya kami juga memberikan sebuah selembaran surat tanda penilangan, yang seperi biasanya,” tambahnya.

Menurut Hangga, jika sudah ditetapkan dalam sidang, namun denda tilang lebih sedikit dari pada yang disetorkan kepada pihak Bank, maka selisih denda tilang akan dikembalikan kepada pelanggar. Dan yang dilakukan hampir sama dengan sistem manual. Di mana polisi tetap melakukan penindakan, kemudian polisi memasukan data tilang dengan menggunakan e-tilang. Sedangkan pelanggar mendapatkan notifikasi nomor pembayaran tilang, pembayaran dilakukan melalui Bank, dan pelanggar dapat menunjukkan bukti pembayaran untuk mengambil barang bukti.(cr3)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.