Enam Makam di Pekuburan Lembomawo Poso Rusak Misterius

- Periklanan -

Polisi olah TKP lokasi kuburan yang rusak misterius. (Foto: Budiyanto Wiharto)

POSO – Sebanyak enam makam warga di pekuburan desa Kelurahan Lembomawo Kecamatan Poso Kota Selatan Kabupaten Poso ditemukan rusak secara misterius.

Kerusakan terjadi dalam bentuk tanah kuburan di enam makam tersebut tergali sedalam kurang lebih 30 cm. Kondisi tersebut membuat warga Lembomawo resah dan ketakutan. Banyak dugaan pun keluar dari pikiran warga merespon kerusakan makam tersebut. Salah satu dugaan serius warga berupa kemungkinan adanya sesorang yang sengaja akan menggali kubur untuk kepentingan mistis.

“Terus terang warga di sini (Lembomawo) resah dan takut karena adanya makam yang rusak karena diduga hendak digali,” kata seorang warga yang berada di pekuburan Lembomawo, Senin (10/7). Merasa takut, warga kemudian melaporkan rusaknya enam makam secara misterius itu kepada pihak kepolisian.

- Periklanan -

Merespon cepat laporan warga, tim Identifikasi Forensik (Inafis) Polres Poso menggelar olah TKP, Senin (10/7) kemarin. Proses olah TKP di pekuburan umum ini disaksikan aparat kelurahan dan pihak keluarga yang kuburan anggota keluarganya mengalami kerusakan.

KBO Reskrim Polres Poso, IPDA Muhammad Rizka, mengatakan, dari pelaksanaan olah TKP ditemukan jejak-jejak bekas kaki dan cakaran hewan. Dari bentuk jejak maupun bekas cakaran yang ditemukan, patut diduga berasal hewan anjing dan biawak. “Dari olah TKP tadi kita menemukan ada cakaran yang kalau dilihat cakaran itu mirip cakaran hewan Anjing atau Biawak,” jelasnya.

Dari olah TKP yang dilakukan polisi belum menemukan bekas-bekas jejak kaki manusia ataupun bekas alat-alat yang mungkin digunakan untuk membongkar tanah kuburan baik berupa sekop maupun cangkul atau Pacul. “Belum ada jejak manusia dan babuk yang ditemukan di TKP,” ungkapnya.

Meski sudah dilakukan olah TKP, polisi belum berani menyimpulkan siapa pelaku sebenarnya dari pembongkaran tanah kuburan di Lembomawo. Untuk menyimpulkan kepastiannya, polisi kata Rizka masih harus memintai keterangan dari sejumlah saksi. “Kami masih akan mengumpulkan bukti dan memintai keterangan dari saksi,” pastinya.

Lurah Lembomawo Meldiaji berharap, kasus pembongkaran enam kuburan di kelurahannya dapat segera diungkap oleh pihak kepolisian agar tidak menimbulkan keresahan masyarakat. “Kasus dugaan pembongkaran kuburan ini sepenuhnya kami serahkan kepada polisi untuk mengungkapnya,” tandas Lurah.(bud)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.