Dusun I Desa Rogo Sudah Tak Layak Huni

Antisipasi Banjir Susulan Warga Dipindahkan di Tempat Aman

- Periklanan -

SIGI – Untuk mengantisipasi banjir bandang susulan, pemerintah Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Sigi, untuk sementara memindahkan warga yang berada di dusun I ke tempat aman.

Rencana relokasi pun akan dibahas, mengingat dusun I sudah tidak layak lagi untuk ditinggali. Sebagian warga juga ada yang mengungsi ke rumah sanak keluarganya.

Kades Rogo, Fuad Hudin S Sos mengatakan, dari pengakuan warganya bahwa masih terdapat kubangan air yang cukup besar di hulu pengunungan Rogo.

Air yang turun pada Senin (15/9) itu baru sebagian kecilnya saja. “Disitu berbentuk kubangan, belum turun semua, kalau tidak salah sekitar 5 kilometer dari perkampungan. Saya pastikan tidak ada penebangan liar di wilayah itu, murni karena gempa 2018,” kata Fuad kepada Radar Sulteng, Selasa (15/9).

Karena masih terdapat ancaman, Fuad mengakui sudah mengevakuasi warga di dusun I, masyarakat dievakuasi ke perbatasan dusun II dan III.

- Periklanan -

Mereka ditempatkan di lapangan dan masjid. “Sudah tinggalkan semua rumahnya, kalau dusun II zona aman. Saat ini debit air masih tinggi, hujan juga masih terus turun,” jelas Fuad tadi malam.

Menurut Fuad, banjir bandang yang melanda Senin malam itu awalnya membawa material pasir dan lumpur, setelah itu yang kedua kalinya baru membawa kayu-kayu yang membuat jembatan tersumbat.

Data dari pemerintah desa Rogo terdapat 60 rumah yang terdampak di dusun I, dan 7 rumah dusun II, dengan 70 kepala keluarga (KK), 200 jiwa. “Kerugian bukan hanya rumah, tetapi lahan persawahan masyarakat sudah tidak bisa lagi difungsikan, kurang lebih 50 hektar,” ungkapnya.

Yang paling dibutuhkan para korban banjir bandang saat ini kata Fuad, seperti air mineral, pakain bekas dan logistik lainnya.

Apalagi warga hanya menyisahkan baju di badan saat banjir bandang datang, sudah tidak sempat menyelamatkan harta benda. “Pemerintah Kabupaten juga menurunkan upaya semaksimal mungkin, alat berat sudah datang dari malam kejadian, juga sudah mengintrusikan kepada BPBD,” tutupnya. (acm)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.