Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Dua TPS Di Buol Gelar Pemilihan Ulang

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Suasana Pilakda serentak di Kabupaten Buol, Rabu (15/2). (Foto: Rustam Baculu)

BUOL – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang dilaksanakan di Kabupaten Buol pada  Rabu (15/2) lalu menyisakan persoalan. Dua TPS dinyatakan bermasalah dan dilakukan pemilihan ulang.

Divisi Hukum Panwaslih Kabupaten Buol, Rusmin mengatakan, masalah tersebut ditemukan di TPS 6 Kelurahan Leok Dua Kecamatan Biau atau wilayah kota dan TPS 1 desa Biau kecamatan Bukal.

Dalam proses pemungutan suara, petugas pengawas menemukan kejanggalan terhadap pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, di TPS 6  di temukan pemilih yang menggunakan indetitas KTP daerah lain, sementara di TPS 1 desa Biau sama sekali tidak terdaftar dalam DPT desa setempat dan tidak memilki KTP sebagai bukti identitas diri.

Dikatakannya, persoalan ini sudah dilaporkan ke KPU dan Polres sebagai pengaman meminta untuk di lakukan pemilihan ulang. Panwaslih katanya mengedepankan hasil suara yang benar-benar murni tanpa cacat hukum, surat suara yang sudah di gunakan pada saat pemungutan suara telah di amankan di Polres Buol.

“Kami minta agar KPU segera menindak lanjuti surat laporan tersebut untuk di laksanakan pemilihan ulang,” ujar Rusmin.

Sementara itu divisi perencanaan dan data KPU Alamsyah Butudoka mengakatan laporan temuan dari panwaslih kabupaten terkait pelanggaran di dua TPS sudah di tindak lanjuti dan akan di lakukan pemilihan ulang dan di pastikan Minggu (19/2) sudah digelar di kedua TPS itu.

Kejadian ini menurutnya adalah bentuk kekeliruan petugas di TPS yang kurang teliti melihat daftar pemilih. Namun demikian menurutnya semua sudah diatasi dengan baik, dalam pemilihan ini KPU tetap mengikuti ketentuan setiap pemilih akan di berikan C6 atau surat panggilan dan melayani pemilih pindahan A5,dan KTP.

Dijelaskannya untuk TPS 6 Kelurahan Leok 2 jumlah pemilih sesuai DPT berjumlah 402 orang, dan TPS 1 desa Biau 373. ”Sekarang ini kami melakukan pelipatan suara untuk persiapan pemilihan ulang di dua TPS itu,” Imbuh Alamsyah.(tam)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.