Dua Ruko di Morowali Ludes Terbakar

- Periklanan -

Sejumlah warga membantu memadamkan api yang sudah merambat semakin besar. (Foto: Moh Faisal)

MOROWALI-Si jago merah beraksi. Kali ini, dua ruko sekaligus di Kelurahan Matansala, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali ludes dilalap api. Kedua ruko tersebut yakni, tempat jual pakaian dan kantor lama BRI Kacamatan Bungku Tengah.

Dari pantauan di Tempat Kejadian Perkara, terlihat kedua ruko beserta isi didalamnya sudah seperti bangunan lama. Dinding kedua ruko itu berwarna hitam pekat, dikarenakan ganasnya api yang merambat ke seluruh bagian bangunan.

Salah seorang korban pemilik grosir pakaian bernama H. Wahyu Ilham mengatakan, sekitar pukul 09.30 wita Sabtu kemarin (8/7) dirinya pergi ke salah satu Bank yang ada di Kecamatan Bungku Tengah. Saat balik dari Bank tersebut dirinya kaget karena di dalam rukonya sudah dipenuhi asap tebal dan api yang semakin besar.

“Saya tinggalkan istriku sendiri di ruko. Saya pergi Bank untuk transfer uang ke anakku. Kurang lebih 10 menit, saya kembali ke toko dan semuanya sudah sudah terbakar. Api sudah sangat besar, Istriku selamat dan masih ada sedikit barang jualan yang bisa diselamatkan,”ungkap Wahyu Ilham di TKP kemarin.

- Periklanan -

Dalam kebakaran yang sangat cepat terjadi ini, hanya berhasil dipadamkan oleh masyarakat sendiri dengan alat seadanya. Sementara pihak Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Morowali, tiba di TKP setelah api sudah berhasil dipadamkan masyarakat sekitar.

“Untungnya, barang yang saya beli baru-baru ini belum sampai di toko saya. Tapi, kerugian yang saya alami kurang lebih miliaran rupiah. Karena, banyak sekali pakaian saya yang terbakar,”jelas Wahyu Ilham dengan raut wajah sedih.

Wahyu Ilham menjelaskan, menurut istrinya api berawal muncul dari bagian atap belakang rumah. Saat istrinya melayani pembeli, asap tebal beserta api tiba-tiba muncul. Melihat kejadian itu, istri H. Wahyu Ilham langsung berteriak meminta tolong kepada masyarakat untuk memadamkan api tersebut.

“Ini sudah yang kedua kalinya terbakar. Sebelum saya kontrak, ini ruko juga pernah terbakar. Tapi, saya tetap sabar mungkin ini cobaan buat saya,”kata Wahyu Ilham dengan nada rendah.

Setelah api padam kurang lebih satu setengah jam, pihak Kodim 1311 Morowali dan Polsek Bungku Tengah langsung sigap di TKP mengamankan barang-barang yang berhasil diselamatkan. Disamping kiri-kanan ruko yang terbakar itu terdapat juga swalayan dan penjual tabung gas.

“Setelah menerima laporan dari masyarakat, saya beserta anggota Polsek Bungku Tengah langsung bergerak ke TKP untuk melakukan pengamanan agar tidak ada korban jiwa. Selain itu, kami juga mengamankan barang jualan warga yang berhasil di evakuasi hingga kondisi TKP aman dan terkendali,”ujar Dandim 1311 Morowali Sabariyandu Krinstian Saragih di TKP. (fcb)

 

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.