Dua Nama Calon Wagub Sulteng yang Diusung Partai

- Periklanan -

Syaifullah Djafar dan Faizal Mang

PALU – Pada rapat pleno ketiga pembahasan siapa calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sulteng, yang digelar Jumat malam tadi, empat partai pengusung Cagub dan Cawagub Sulteng periode 2016-2021, yakni Partai Gerindra, PAN, PKB, dan PBB akhirnya bersepakat merekomendasikan dua nama untuk diusulkan menjadi Cawagub.

Kedua nama itu masuk di redaksi Radar Sulteng sekira pukul, 23.00 Wita adalah Ir Syaifullah Djafar dan Ir Faizal Mang. Nama kedua sudah menggelinding dua pekan terakhir Desember 2017, setelah Ketua Gerindra Sulteng Drs H Longki Djanggola memunculkan Faizal Mang dan dr Ansyahari Arsyad MKes di awal Desember lalu.

Sedangkan Syaifullah Djafar resmi diusulkan oleh PAN.

‘’Yah kami merekomendasikan Syaifullah Djafar dan dr Anshayari Arsyad. Kami dari PAN yang usulkan dalam rapat pleno tadi malam, tapi yang dipilih pak Syaifullah Djafar,” ungkap Sekretaris DPW PAN Sulteng, Rusli Daeng Palabbi SSos MH, kepada Radar Sulteng, Jumat (29/12).

- Periklanan -

Menurut Rusli, dalam rapat pleno yang dihadiri partai pengusung, minus PKB, jalannya rapat cukup alot khas parpol, hingga memunculkan empat nama, yaitu Faizal Mang, Andi Mansyur, dr Anshayari Arsyad dan  Syaifullah Djafar. Namun dalam perjalannya rapat yang memanas, dari empat nama mengerucut menjadi dua nama, atau tersisa dua nama, yakni Faizal Mang dan Syaifulah Djafar.

‘’Dua nama inilah yang berhasil disepakati oleh kami semua yang hadir dari partai pengusung Cagub dan Cawagub Sulteng periode 2016-2021, dan finalnya akan kami bawa lagi ke rapat ke empat pada 7 Januari 2018. Tapi saya kira dua nama ini akan tetap diusulkan alias tidak ada perubahan lagi,” terang Rusli Dg Pallabi.

Ditanya, mengapa PAN berubah pendirian tidak lagi mencalonkan kader sendiri, seperti Ketua DPW PAN Sulteng H Oscar Paudi, yang sempat diusulkan saat Cawagub pertama kali digelindingkan di awal tahun 2017 lalu. Dikatakan Rusli, bahwa proses pengusulan Cawagub memang penuh dinamika. Kalau awal-awalnya PAN mencalonkan Oscar Paudi dan itu disetujui oleh DPP PAN, maka saat ini PAN mengusulkan Syaifullah Djafar.  “Mengenai nama Syaifullah Djafar dan Faizal Mang memang sesuai usulan sementara partai pengusung, hasil ini tentu saja  akan kami komunikasikan lagi dengan DPP, “ tandas Rusli.

Sementara dikonfirmasi via ponsel Ketua DPD Gerinda Sulteng, Drs Longki Djanggola MSi menjawab dengan deplomatis bahwa, hasil rapat malam tadi belum diputuskan Cawagub yang diusulkan oleh partai-partai pengusung, karena salah satu partai pengusung (PKB) tidak hadir. Namun dari tiga partai pengusung yang hadir tadi yakni, Gerindra, PAN dan PBB sudah mengerucut ke dua nama yaitu, Ir Syaifullah Djafar dan Ir Faizal Mang.

‘’Tapi karena PKB tidak hadir maka kami belum bisa mengatakan bahwa nama Cawagub sudah final. Kesimpulannya bahwa kedua nama tersebut belum final,’’ demikian kata Longki Djanggola yang juga Gubernur Sulteng. (mch/ron)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.