Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Dua Jamaah Kloter 05 Sulteng Meninggal di Makkah

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

H Mustamin Umar bersama istri memberikan doa di depan jenazah saat berada di RS Al-Annoor, Makkah. (Foto: Ist)

MAKKAH – Innalilahi Wainnailahi Rajiuun. Dua lagi jamaah calon haji (JCH) asal Sulawesi Tengah yang tergabung kloter 05 BPN meninggal pada Jumat siang (25/8). Jamaah bernama H Rahman Tang Bin Latang  (59) meninggal di RS Al-Ainoor Makkah sekitar pukul,14.00 WAS dan disalatkan di Masjidilharam. Selanjutnya pada subuhnya, Sabtu (26/8) jenazah dimakamkan di pekuburan jamaah haji Indonesia di Zoraya, Makkah, kurang lebih 25 km dari Kota Makkah.

Sedangkan, jamaah bernama Mallomoang Bin Lacinnong (63) meninggal Jumat (25/8) di RSAS Airad Madinah bada Ashar waktu Arab Saudi dan di salat di Masjid Nabawi waktu subuh dan dimakamkan di pekuburan Baqi, Madinah, Sabtu (26/8). ‘’Almarhum Mallomoang masing kena keluarga dengan istri saya. Almarhum meninggal di Madinah,’’ jelas H Mustamin Umar kepada Radar Sulteng, tadi malam.

Ketua Kloter 05 BPN, H Abd Muluk Lanonci bersama TPHI H Arjan Labalado melalui pesan WhatsApp membenarkan meninggalnya dua jamaah yang tergabung pada kloter 05 BPN. Sebelum meninggal, kedua jamaah tersebut telah mendapat perawat medis masing-masing kloter hingga perawatan di rumah sakit di Arab Saudi. Untuk almarhum H Rahman Tang meninggal di RS Al Ainoor, Makkah dan almarhum Mallomoang meninggal di RSAS Airad, Madinah. ‘’Keduanya meninggal hari Jumat dan dimakamkan bada subuh di Makkah dan Madinah,’’ kata Ketua Kloter 05 BPN. Abd Muluk Lanonci melaporkan dari Makkah Al Mukaramah.

H Mustamin Umar menambahkan, untuk alamrhum Mallomoang setelah lima hari berada di Madinah langsung terkena sakit stroke hingga tidak sadarkan diri. Yang bersangkutan langsung mendapat perawatan di RSAS Airad, Madinah hingga akhirnya mendapat kabar meninggal dunia. Saat ini, posisi para jamaah asal Sulawesi Tengah sudah berada di Makkah mempersiapkan wukuf yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi pada Kamis (31/8). ‘’Almarhum Rahman Tang masuk rombongan 5, sedangkan almarhum Mallomoang masuk rombongan 6,’’ kata Mustamin yang ditunjuk sebagai Karom 6 Kloter 05 BPN asal Sulteng.

Dengan meninggalnya dua lagi jamaah asal Palu, Sulawesi Tengah, maka jumlah jamaah yang sudah wafat di Makkah maupun Madinah berjumlah empat orang. Dua orang berasal dari Kabupaten Tolitoli masing-masing bernama Sitti Hadijah dan, Abdul Gani serta dua orang jamaah dari Palu yakni, H Rahman Tang dan Mallomoang.

Sementara itu menjelang datangnya puncak haji pada Kamis (31/8), dilaporkan segala fasilitas yang telah dipersiapkan pemerintah Arab Saudi semua telah dilakukan peninjauan oleh masing-masing ketua kloter maupun TPHI serta tim medis. Menurut M Munif Godal, TPHI Kloter 8 bahwa, semua fasilitas yang berada di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina) telah ditinjau dan kondisinya lebih baik dari musim haji sebelumnya. Bahkan suasana di Arafah dan Muzdalifah saat ini sudah tampak hijau karena pohon-pohon yang ditanam Presiden pertama RI, Ir Soekarno telah tumbuh dengan subur. ‘’Pemerintah Arab Saudi menyebutnya pohon tersebut dengan nama pohon Soekarno. Sepintas jenis seperti pohon akasia,’’ jelas Munif ikut langsung meninjau lokasi Armina. (*/lib)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.