Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Dua Hari, Dua Aksi Pembobolan ATM di Tolitoli

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PEMBOBOLAN ATM : Kapolsek Baolan, Edwin Yakobus, saat memeriksa lokasi kejadian di sekitar halaman sebuah swalayan di Jalan Moh Hatta, Selasa (14/2) pagi. (Foto: Yuslih Anwar)

TOLITOLI – Dua hari terakhir (Senin dan Selasa, 13 dan 14/2), setidaknya dua unit Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik Bank Rakyat Indonesia (BRI) dirusak orang tak dikenal. Polisi pun masih menyelidiki siapa pelaku dan modus dibalik pengrusakan tersebut.

Senin (13/2), ATM yang dipasang salah satu tokoh elektronik jalan Sultan Hasanuddin dirusak dengan cara memecahkan pintu yang terbuat dari kaca hingga hancur berantakan. Selasa (14/2), pengrusakan ATM kembali terjadi di Jalan Moh Hatta, tepat di depan salah satu swalayan.

“Pagi tadi kami dapat laporan dari pihak BRI, makanya atas perintah Kapolres kami turun melakukan pemantauan. Kemudian, dibantu oleh tim identifikasi dari Polres melakukan olah TKP,” jelas Kapolsek Baolan AKP. Edwin Yakobus.

Dijelaskannya saat melakukan pantauan di TKP, jika melihat kondisi mesin ATM tampak tidak mengalami kerusakan, namun pihak BRI yang melaporkan masalah tersebut, telah terjadi upaya pembobolan namun tidak berhasil, sehingga mesin ATM tersebut mengalami kerusakan hingga tak bisa difungsikan.

“Saat ini kami belum bisa berspekulasi, memberikan keterangan apakah ada upaya pembobolan, selain pengrusakan, masih dilakukan penyelidikan dengan mengumpulkan data dan barang bukti,” terang Edwin.

Menurut Edwin pihaknya pagi kemarin turun langsung ke lapangan guna meninjau karena menjadi Polsek terdekat, namun karena penanganannya membutuhkan tim investigasi, makanya kasus tersebut diserahkan untuk ditangani Polres Tolitoli.

Dijelaskan Edwin, kejadian tersebut diperkirakan sekitar pukul 03.00 wita ke atas, sebab saat pihaknya melakukan patroli kondisi ATM dalam keadaan aman. Namun saat pagi hari telah menerima laporan adanya upaya pembobolan dengan cara merusak mesin.

Atas kejadian tersebut, dikatakan Kapolsek, sebagai tindakan antisipasi terjadinya kejahatan, pihaknya meminta seluruh ATM tidak saja dipasangi CCTV bukan hanya dalam bilik ATM namun juga dari posisi luar ATM, sehingga jika terjadi hal seperti itu, aparat bisa bereaksi cepat menangkap para pelaku.

Sementara Kasat Reskrim Polres Tolitoli AKP Haryo Bimo saat dikonfirmasi menerangkan saat ini pihaknya tengah melakukan pengembangan penyelidikan, setelah sebelumnya telah melakukan olah TKP dan mengumpulkan barang bukti semisal rekaman CCTV maupun pengambilan sidik jari dari TKP.

“Kami masih menyelidiki, nanti kalau ada perkembangan, kami berikan informasinya,” kata Kasat Reskrim.(yus)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.