DPRD Palu Persoalkan Lokasi Kampung Kaili

- Periklanan -

Kampung Kaili (Foto: Moh. Salam)

PALU – Keberadaan Kampung Kaili di Kelurahan Besusu Barat mendapat sorotan dari kalangan anggota DPRD Kota Palu.

Menurut Anggota DPRD Palu Rusman Ramli kemarin, keberadaan Kampung Kaili di Kelurahan Besusu Barat itu tidak tepat.

Pertama  kata Rusman  Kampung Kaili berdiri di ruang terbuka hijau (RTH). Seharusnya kata Rusman tidak ada RTH berdiri di Ruang Terbuka Hijau. Kedua kata Rusman Kawasan Kampung Kaili tidak cocok jika berada di sekitar Jembatan IV itu. “Karena tempat tersebut bukan kampung,” katanya.

Rusman meminta kepada Pemkot untuk mencari tempat yang cocok untuk dijadikan sebagai Kampung Kaili. “Ada tempat yang bisa dijadikan kawasan Kampung Kaili yaitu Uventumbu,” katanya.

- Periklanan -

Sementara Anggota Komisi C DPRD Palu, Hamsir BE mengkhawatirkan Kampung Kaili di Besusu Barat akan menjadi kawasan kumuh baru di Kota Palu. Kekhawatiran itu diungkap Hamsir di DPRD Palu beberapa hari lalu.

“Sou-Sou (Pondok) yang ada di Kampung Kaili itukan atapnya dari rumbia. Tiga bulan mendatang atap rumbia di sana akan menjadi kering dan itu akan membuat tempat tersebut akan menjadi tampak kumuh. Makanya saya khawatir tempat tersebut akan menjadi kawasan kumuh baru di Palu,” kata Hamsir.

Menurut Hamsir, sekarang saja sudah ada sou-sou yang mulai rusak dan tidak terawat. Belum lagi, dia melihat mulai ada warga yang memanfaatkan tempat tersebut sebagai kios dan  ada warga yang menjadikan trotoar di depan sou-sou untuk berjualan kelapa muda.

“Itu akan membuat tempat tersebut akan menjadi  kumuh,” kata Hamsir lagi.

Kampung Kaili yang awalnya dibangun untuk dalam rangka memeriahkan Festival Pesona Palu Nomini (FPPN) ke-2, bertujuan agar menjadi ikon baru sekaligus spot yang paling disukai para pengunjung yang datang ke FPPN ke-2.

Oleh Pemkot Palu, lokasi ini dipatenkan menjadi destinasi wisata baru yang bertemakan kuliner dan budaya. Bahkan direncanakan tahun 2018  akan dianggarkan sekitar Rp1,5 miliar untuk mengembangkan kawasan Kampung Kaili lebih punya daya tarik lagi.(zai)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.