DPRD Minta Program Palu Kana Mapande Dievaluasi

- Periklanan -

PALU – Anggota DPRD Palu ramai-ramai menyoroti program Wali Kota Palu Palu Kana Mapande.

Sorotan ini disampaikan anggota DPRD Palu saat rapat pansus LKPj Wali Kota tahun anggaran 2017 . Menurut  para legislator, program Palu Kana Mapande yang menyerap anggaran sebesar Rp3 miliar terus dikampenyakan seolah-olah berhasil.

Malahan muncul kecurigaan dari dewan bahwa program Rp3 miliar ini selalu dinyatakan berhasil, supaya penggunaan anggaran pendidikan sebesar Rp562 miliar bisa tetap tertutup.

Menurut anggota dewan Rusman Ramli ST, dari pertemuan dengan para guru BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) bahwa kegiatan tambahan belajar agama dalam rangka Palu Kana Mapande, ada beberapa persoalan yang disampaikan ke Pansus LKPj.

“Seperti guru BTQ yang tidak terlayani dengan sempurna. Bahkan ada yang sampai 3 bulan tidak mendapat rekomendasi dari kepala sekolah, sehingga honor yang seharusnya didapatkan tertunda,” kata Rusman.

Kemudian dari 296 guru yang direkrut dalam dua gelombang kemudian mengundurkan diri.

- Periklanan -

“Kemudian mereka tidak mendapatkan ruangan yang semestinya yang diberikan sekolah adalah ruangan yang sempit,” kata Rusman.

Sementara Anggota DPRD Bey Arifin SPdI meminta supaya program Palu Kana Mapande dievaluasi.

Bey Arifin beralasan, dia melihat bentuk pengawasan dari Dinas Pendidikan terhadap program ini sangat lemah, baik saat perekrutan guru-guru BTQ itu.

“Dari pengakuan para guru BTQ mereka rata-rata hanya memiliki pengetahuan mengaji. Sementara persoalan wawasan keagamaan mereka sangat  lemah,” kata Bey Arifin.

Bey mengatakan, dia khawatir program ini hanya sekadar mengumpulkan murid untuk diberikan ijazah atau sertifikat BTQ. Bey menyatakan tiga bulan untuk mengajar BTQ kepada murid-murid tidak akan maksimal.

“Apalagi yang disampaikan hanya sekadar yang penting siswa itu bisa menulis huruf  dan membaca. Paling murid itu hanya bisa membaca A,Ba,Ta Tsa dan seterusnya,” kritik Bey. (zai)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.