Dosen Fapetkan Untad Kembangkan Rumput Hijauan

Untuk Dijadikan Pakan Ternak di Desa Pombewe Sigi

- Periklanan -

SIGI-Melalui program pengabdian kepada masyarakat, dengan skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, dosen Fakultas Peternakan dan Perikanan (Fapetkan) Universitas Tadulako (Untad) Dr Ir Najamudin MSi, dibantu oleh dosen dari Fakultas Pertanian Untad Dr. Ir. Imam Wahyudi, M.Phill, melakukan pelatihan pengembangan rumput hijauan untuk pakan ternak, rumput Panicum sarmentosum.

Hal ini didasari oleh pengamatan tim pelaksana program, bahwa banyak hewan ternak khususnya ternak sapi milik masyarakat di Desa Pombewe yang hanya dilepas, dan dibiarkan merumput sendiri oleh pemiliknya. Dengan pelatihan teknis budidaya rumput hijauan pakan ternak tersebut diharapkan masyarakat, khususnya pemilik ternak sapi dapat mengusahakan rumput tersebut untuk dibudidayakan sebagai sumber pakan bagi ternaknya. Keuntungan dari rumput hijauan ternak panicum sarmentosum adalah dapat tumbuh meskipun di lahan bawah pohon kelapa, sehingga tidak perlu area penanaman yang khusus.

- Periklanan -

Sebelum dilakukan demonstrasi penanaman rumput panicum sarmentosum, dilakukan penyuluhan kepada kelompok tani ternak yang ada di Desa Pombewe Kecamatan Sigi Biromaru, khususnya kelompok tani Singgani dengan ketua kelompok, Adirua, yang selanjutnya diserahkan bibit rumput hijauan panicum sarmentosum. Untuk ditanam di lahan masing-masing.

Turut hadir dalam kegiatan penyuluhan dan sekaligus membuka acara penyuluhan tersebut adalah Sekretaris Desa Pombewe. Pelaksanaan penyuluhan dan pelatihan serta demonstrasi penanaman rumput hijauan pakan ternak panicum sarmentosum tersebut didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, melalui program pengabdian skema PKM, sesuai dengan Perjanjian Penugasan Pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat Nomor : 100/SP2H/PPM/DRPM/2019, tanggal 11 Maret 2019.(mch/exp)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.