Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Dokumen dan Kampus Stisipol PB Ludes Terbakar

Sumber Api Diduga Akibat Korsleting Listrik dari Kos-kosan

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU – Masyarakat kelurahan Besusu Barat Jalan Dr Suharso Kecamatan Palu Timur dihebohkan dengan kebakaran hebat yang menghabiskan tujuh rumah petak kos dan gedung kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Panca Bhakti Palu.

Peristiwa kebakaran itu terjadi, Senin (31/8) malam yang penyebab awalnya diduga akibat korsleting listrik di salah satu petak rumah kos.

Informasi yang dihimpun Radar Sulteng di lokasi kejadian bahwa sekitar pukul 19.45 wita terjadi kebakaran di sebuah kos depan rumah sakit (RS) Bhayangkara Palu Jalan Dr Suharso Lorong tiga. Awalnya salah seorang saksi bernama Risman, menyampaikan bahwa kebakaran diduga akibat arus pendek listrik dari kos-kosan.

Api kemudian menyebar sangat cepat melalap rumah petak kos disebelahnya, kemudian merambat sampai gedung kampus Stisipol Panca Bhakti Palu.

Peristiwa kebakaran mengundang perhatian masyarakat dan pengguna jalan lainnya, petugas pemadam awalnya sangat fokus pada titik yang berdekatan dengan RS Bhayangkara.

Setelah api di depan RS Bhayangkara bisa dipadamkan dan tidak berpotensi akan menyebar, kemudian petugas kembali melakukan pemadaman di gedung Kampus Stisipol, akan tetapi api cepat merambat di bagian atap kampus dan cepat masuk hingga kedalam gedung kampus, sehingga seluruh ruangan di bagian kampus terbakar dan tidak ada satupun dokumen atau berkas, maupun peralatan yang ada di dalam kampus terselamatkan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palu Sudaryano Lamangkona ditemui di lokasi kebakaran menyampaikan, pihak menurunkan 10 unit mobil pemadam kebakaran, dibantu satu unit Water Canon milik Polda Sulteng. “Kalau untuk penyebab kebakaran kami tidak bisa menjelaskan, karena itu ranah kepolisian,” ungkapnya.

Kapolres Palu AKBP Riza Faisal yang juga berada di lokasi kebakaran mengatakan, bahwa aparat kepolisian mendapatkan informasi kebakaran sekitar pukul 19.40 wita, dan untuk informasi sementara ada tujuh rumah atau petak kos-kosan, kemudian ada gedung kampus Stisipol yang juga ikut terbakar. “Kami dari kepolisian langsung menenangkan keluarga pasien bahwa api tidak merambat ke rumah sakit Bhayangkara, agar tidak membuat panic pasien dan keluarga pasien,” katanya.

Sekitar dua jam petugas pemadam kebakaran baru dapat memadamkan api, dan mengamankan situasi di rumah sakit Bhayangkara dan lingkungan sekitar lokasi kebakaran di wilayah Jalan Dr Suharso.

Total kerugian belum diketahui, dan sementara kerugian materil yang terdata, tujuh rumah kos, gedung kampus Stisipol Panca Bhakti Palu, dan dua unit motor RX King dan Honda CBR, kemudian kerugian materil milik lima korban yang menempati kos tersebut. (who)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.