Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

DKP Sulteng Gelar Pendidikan dan Pelatihan Pengawas Perikanan

DONGGALA – Dalam upaya peningkatan pelayanan dan fungsi pengawasan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah (DKP Sulteng) menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengawas Perikanan, 6-13 Oktober 2019, di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sulteng.
Diklat yang diikuti 30 peserta semua kabupaten seSulteng, kecuali Kota Palu tidak mengirim peserta dan Kabupaten Sigi, DKP Sulteng, dan dari 4 UPT Perikanan, dibuka secara resmi Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan BRSDMKP-KKP yang diwakili Plh Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan BRSDMKP-KKP Mochammad Farkan. Turut hadir pula Kepala SPN Polda Sulteng AKBP Novia Jaya.

Plh. Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan BRSDMKP-KKP Mochammad Farkan, didampingi Kepala DKP Sulteng yang diwakili Kepala Bidang Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan DKP Sulteng Agus Sudaryanto dan Kepala SPN Polda Sulteng Novia Jaya, menyematkan kartu tanda peserta kepada peserta Diklat Pengawas Perikanan di SPN polda Sulteng, Senin (7/10). FOTO : ANTON TULOIYO

Dalam Sambutannya, Kepala DKP Sulteng yang diwakili Kepala Bidang Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan DKP Sulteng Agus Sudaryanto mengungkapkan, pendidikan dan pelatihan ini sebagai upaya peningkatan pelayanan dan fungsi pengawasan dalam pengelolaan perikanan. Yang mana kata Agus, melalui fungsi Pengawas Perikanan kepentingan pelayanan-pelayanan legalitas dokumen melalui proses berjenjang dapat memenuhi legalitas berusaha. “Jadi muara awalnya ada di Pengawas Perikanan,” tekannya.
Kepala DKP Sulteng yang diwakili Kepala Bidang Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan DKP Sulteng Agus Sudaryanto memberikan plakat kepada Kepala SPN Polda Sulteng Novia Jaya. Sebelumnya, Agus Sudaryanto juga memberikan plakat kepada Plh. Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan BRSDMKP-KKP Mochammad Farkan. FOTO : ANTON TULOIYO

Sementara yang menjadi narasumber dalam Diklat tersebut ungkap Agus, semua dari KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan). Kemudian untuk materi pendukung seperti kesamaptaan, penegakan hukum, search and rescue laut, pematerinya dari Polda Sulteng. “Jadi sinergi kita Polda dan Kementerian Kelautan Perikanan,” ungkapnya.
Dalam kesempatan itu dia mengimbau kepada Pengawas Perikanan dalam menjalankan tugas dan kewenangannya dapat melakukan sinegritas dengan penegak hukum lainnya. “Kami mengimbau kawan-kawan ini mengedepankan itu (sinegritas), tidak krasak krusuk, bertindak sendiri,” pungkasnya. (fdl)


Selengkapnya di Harian Umum Radar Sulteng edisi Selasa 8 Oktober 2019

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.