Diteken MoU Invetasi KEK Palu Senilai Rp150 Triliun

- Periklanan -

Gubernur H Longki Djanggola menyaksikan penandatanganan MoU antara Dirut PT BPST Mulhanan Tombolotutu dengan PT PGRC di Hotel Sahid Jakarta, Rabu (2/8). (Foto: Ist)

PALU– PT  Bangun Palu Sulawesi Tengah (BPST), selaku Badan Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Palembang General Management Asia Refinery Consortium (PGRC), di Jakarta, Rabu (2/8). PT PGRC akan berinvestasi di KEK Palu dengan nilai investasi sebesar Rp150 triliun.

Penandatanganan Memorandum of Understanding dilakukan Direktur Utama PT BPST, Andi Mulhanan Tombolotutu dengan PT PGRC disaksikan langsung Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggola yang memang mengawal proses demi proses pengembangan KEK Palu.

Gubernur H Longki Djanggola menyambut baik terjalinnya kerja sama ini. Apalagi PT PGRC adalah perusahaan besar yang sudah menjalin kerja sama dengan beberapa daerah di Indonesia.

- Periklanan -

“Saya melihat keseriusan perusahaan modal asing yang bergerak di bidang migas atau lebih tepatnya pengolahan minyak bumi ini untuk berinvestasi di KEK Palu. Sebelumnya mereka juga sudah menandatangani kerjasama dengan KEK Tanjung Apiapi. Di sana mereka fokus pada pengolahan karet, minyak kelapa sawit serta petrokimia,” kata Longki.

Direktur PT BPST, Andi Mulhanan Tombolutu menyampaikan bahwa PT PGRC melihat KEK Palu sangat potensial.”Mereka merencanakan membangun industri refinery dengan kapasitas 300.000 barrel per hari beserta industri petrokimia sebagai turunannya. Produk yang dihasilkan akan dijual di pasar domestik dan regional, dengan mengacu standar dunia,” kata Mulhanan.

Untuk diketahui, PT. General Management Asia adalah salah satu Perusahaan Modal Asing (PMA) yang berkantor pusat di Palembang, Sumatera Selatan. PT. GMA memiliki beberapa mega proyek yang salah satunya  adalah proyek PT. Palembang GMA Refinery Consortium (PGRC) yang bergerak di bidang pengilangan minyak bumi dengan kapasitas 300.000 bpd atau sekitar dua kali kapasitas kilang RU III Paju dan Sei Gerong.

Investasi PT PGRC di KEK Palu tentu saja akan membuka peluang sektor usaha lainnya. Pada gilirannya akan menciptakan lapangan kerja bagi tenaga kerja terampil dan potensial di  wilayah Kota Palu dan sekitarnya.(sya/*)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.