Dispora Sulteng Gelar Kejurda Multi Event

- Periklanan -

Hari pertama Kejurda Multi Event se Sulteng memperlombakan beberapa nomor, seperti lari 100 m putri di Stadion Mini Petobo, Kota Palu, Selasa (29/8). (Foto: Ist)

PALU- Pemerintah Privinsi Sulteng melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulteng menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) Multi Event, dengan tema ‘’Menciptakan Prestasi Atlet Tercepat, Tertinggi dan Terjauh.

Kejuaraan dibuka Kadispora Sulteng, DR Yunan Lampasio, SE, MSi mewakili Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola, MSi, Selasa (28/8) kemarin di Stadion Mini Petobo.

Kadispora Yunan Lampasio mengatakan, tujuan Kejurda atletik antar pelajar Se Sulteng untuk mendorong aktifitas pelaksanaan event bagi pengprov dalam rangka mencari bibit atlet usai sekolah untuk pembinaan jangka panjang.

Pembinaan tersebut kata Yunan,  melalui sentra-sentra pembinaan olahraga seperti Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP), PPLP-Daerah, Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO), Klub maupun sekolah-sekolah yang ada di kabupaten/kota.

- Periklanan -

‘’Pembinaan olahraga prestasi ini harus dimulai dari usai dini dan dilaksanakan secara berjenjang dan berkelanjutan,’’kata Yunan Lampasio.

Artinya, setelah mereka lepas dari pembinaan disentra-sentra olahraga di sekolah, maka pembinaan selanjutnya diserahkan kepada pengprov cabang olahraga masing-masing dan KONI Provinsi sebagai induk semua cabang olahraga.

Oleh karena itu, kata Yunan, Kejurda multi event yang terdiri dari  cabor sepak takraw,  taekwondo, renang, judo dan atletik ini, disamping untuk mendorong kegiatan setiap pengprov cabang olahraga, juga ditujukan untuk menjaring atlet-atlet pelajar untuk terus dibina dan ditingkatkan prestasinya.

Khusus untuk cabang olahraga atletik yang meliputi nomor lari, loncat jauh, lempar lembing dan tolak peluru, berkenaan dengan nomor-nomor yang dipertandingkan, maka tema yang diusung pada Kejurda ini adalah, ‘’Menuju Prestasi Atlet Tercepat, Terjauh dan Tertinggi.

Ditambahkan, pelaksanaan Kejurda Multi Event ini berbeda dari biasanya. Selama ini event Kejurda itu bersifat single event, yaitu satu cabor saja yang dipertandingkan.  Tapi Dispora lebih menginisiasi dan mengembangkan melalui kegiatan Kejurda olahraga multi event yang terdiri dari beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan, seperti sepak takraw, taekwondo, renang, judo dan atletik.(aml)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.