Disperindag Sulteng Sidak Pangan Jelang Natal

- Periklanan -

PALU – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulteng bersama Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polda Sulteng, Disperindag Kota Palu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sulteng, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Palu, mengadakan Inspeksi Mendadak (Sidak) ketersedian stok pangan menjelang Natal dan Tahun Baru 2020, di Pasar Tradisional dan Ritel Modern yang ada di kota Palu, Senin (16/12).
Dari pantauan Radar Sulteng, ada beberapa bahan pokok (Bapok) di pasar Manonda dan Masomba mengalami kenaikan seperti telur, bawang merah, ayam, gula serta ada beberapa juga yang mengalami penurunan, yaitu tomat, cabai. Sedangkan bawang putih stabil, untuk stok ikan di Masomba dan Manonda berkurang hal itu dipengaruhi oleh cuaca.
Sedangkan di ritel modern seperti Transmart dan Hypermart juga ada beberapa yang mengalami kenaikan. Hanya saja harga di Hypermart lebih rendah dibandingkan Transmart.
Kepala Disperindag Sulteng, Richard Arnaldo mengatakan, salah satu program Disperindag Sulteng adalah melakukan sidak dengan memantau harga di dua pasar yakni Masomba dan Manonda, termasuk ritel modern di Hypermart, Transmart, dan distributor bawang dan gula.
“Salah satu fokus sidak adalah mengawasi ketersediaan bahan pokok penting, serta stabilitas harganya,” ungkapnya.
Dari pantauan Disperindag tidak ada lonjakan harga yang sangat signifikan. Richard mengakui, ada beberapa komoditas mengalami kenaikan, namun ada pula yang turun, sehingga saling berfluktuasi.
Pihaknya berharap hingga Natal dan Tahun Baru tidak ada kenaikan yang mengkhawatirkan. Kata Richard,
kenaikan harga yang terjadi saat ini merupakan hal wajar karena menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru, dan harga akan kembali normal pada januari mendatang.
“Jika ada kenaikan, kami akan segera cari sebabnya, datangi distributor agar tidak begitu naik dan bisa menekan harga di pengecer,” terangnya.
Ketua Satgas Pangan Polda Sulteng sekaligus Kanit I Subdit I Indag Ditreskrimsus Polda Sulteng Akp Dirham Salama menambahkan, jika ditemukan beberapa Bapok mengalami kenaikan Satgas akan berikan imbauan kepada distributor agar menstabilkan harga.
“Kami kerja sama dengan Bulog, jika ada kenaikan seperti daging, Bulog masuk untuk menekan harga itu,” tegasnya. (umr)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.