Disnakertrans Sulteng Kembali Lanjutkan Program Pemagangan

- Periklanan -

PALU-Program pemagangan dalam negeri kembali dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Provinsi Sulawesi Tengah setelah sempat terhenti karena Pandemi Corona. Sebanyak 180 pencari kerja (Pencaker) ditempatkan di beberapa Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang tersebar di Kota Palu dan beberapa kabupaten lain seSulawesi Tengah.

Kepala Dinas Nakertrans Provinsi Sulawesi Tengah, Drs Arnold Firdaus Bandu MTP menjelaskan, sebelum ditempatkan di LPK, para pencaker tersebut terlebih dahulu diberikan materi/teori terkait dengan penempatannya di LPK nanti. Program ini kata Arnold merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran. Dia juga menjelaskan, yang menjadi prioritas mengikuti program ini ialah Pencaker yang dibuktikan dengan Surat AK1 atau kartu pencari kerja.

- Periklanan -

“100 orang ditempatkan di Kota Palu. Dan 80 lainnya di luar Kota Palu,” kata Arnold Firdaus Bandu, kemarin (24/6).

Para Pencaker itu dijelaskan Arnold ditempatkan di LPK-LPK sejak 2 Juni, hingga 2 Oktober mendatang. Menurutnya, program ini sangat efektif karena para Pencaker ditempatkan langsung di tempat-tempat praktik yang dipilih Pencaker berdasarkan minat dan bakatnya. Arnold menjelaskan program pemagangan dalam negeri kali ini ada beberapa kejuruan yang sudah ditetapkan dan menjadi tempat praktik para Pencaker tersebut, yakni akutansi, tata kecantikan, sepeda motor, perbankan syariah, menjahit, design grafis, tenun Donggala, pendingin, house keeping, dan las listrik.

“Selama pemagangan, mereka juga akan mendapat insentif Rp1 juta per bulannya,” tutup Arnold. (saf)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.