Diskominfo Palu akan Bentuk Tim Pengawas Informasi

- Periklanan -

PALU – Dalam mengawasi beredarnya berita-berita yang tidak benar atau palsu atau biasa disebut hoax pada situs-situs online, maka Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Palu akan membentuk tim pengawas informasi.

Diakui Kepala Diskominfo Kota Palu, Ichsan Hamsah, saat ini belum ada tim yang bertugas untuk mengawasi setiap informasi-informasi yang beredar pada situs-situs online. Pasalnya, OPD (organisasi perangkat daerah) yang dipimpinnya itu masih baru, dalam artian berbentuk dinas. Di mana sebelumnya, masih melekat pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Palu, tepatnya Bidang Kominfo.

“Inikan dinas baru. Jadi betul-betul belum seperti yang diharapkan. Tapi Insya Allah, ke depan kami akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Baik itu memberikan informasi, maupun menjaga (informasi, red),” kata Ichsan kepada Radar Sulteng, kemarin (16/2).

- Periklanan -

Karena masih baru, kata Ichsan, pihaknya belum memiliki tim yang secara khusus untuk bertugas mengawasi berita-berita tersebut. Namun dia mengakui, pentingnya pengawasan terhadap berita-berita yang beredar. “Secepatnya kami akan bentuk tim pengawasan tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengelolaan Media Komunikasi Publik Diskominfo Kota Palu, Andi Chandra Tonralipu mengatakan, sudah ada upaya untuk membentuk tim yang akan melakukan pengawasan terhadap berita-berita yang beredar pada situs-situs online.

“Kami juga sudah bertemu dengan pihak Polda. Pada dasarnya memang harus ada kerja sama. Seperti halnya Mabes bekerja sama dengan Kementerian Kominfo,” ucapnya.

Chandra juga mengakui bahwa yang menjadi kendalanya ialah karena OPD Diskominfo masih baru. Mereka masih menjajal tugas dan fungsi masing-masing. Namun Chandra menegaskan, pihaknya juga sementara mengarah untuk membentuk pengawasan tersebut.

“Nanti antara bidang persandian dan bidang aplikasi-lah yang akan menjadi tim yang mengawas berita-berita yang beredar,” tutupnya. (saf)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.