alexametrics Dishub Kota Palu Siap Kawal Aturan Bersepeda – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Dishub Kota Palu Siap Kawal Aturan Bersepeda

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU – Kementerian Perhubungan mulai menggodok pembahasan tentang aturan bersepeda di jalan raya. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palu juga bakal mengawal aturan tersebut, bila sudah disahkan oleh pihak Kementerian Perhubungan.

Aturan tersebut, diantaranya seperti, pengguna sepeda dilarang mengoperasikan telepon seluler saat bersepeda, pengguna sepeda dilarang menggunakan payung saat bersepeda kecuali pedagang asongan, dilarang bersepeda secara berdamping dengan kendaraan lain kecuali di atur dalam berlalu lintas, serta pembatasan menggunakan jalur lalu lintas bagi pengguna sepeda minimal dua baris dan lainnya.

Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palu Sugeng Riyadi, menyebut, pihaknya hingga saat ini secara resmi belum mengetahui, kapan pastinya aturan tersebut diberlakukan. “Kalau saya sendiri belum terima secara resmi, biasanya kalau ada regulasi baru tersebut secara hirarki kita akan mengikuti dari Dishub Sulawesi Tengah,” ungkap Sugeng, Senin (10/8) kemarin.

Nantinya, bila regulasi tersebut telah resmi diterapkan, pihak Dishub tentu akan mengawal regulasi tersebut di lapangan. “Kita lihat dari regulasi itu sendiri kalau memang pemerintah pusat memerintahkan, tentunya kita akan dampingi dan kawal,” tambahnya.

Sugeng pun mengakui, saat ini minat warga bersepeda tengah meningkat. Penggunaannya pun paling banyak di jalan raya, dan harus berbagi jalan dengan pengendara sepeda motor maupun mobil. Namun waktunya masih di waktu-waktu tertentu, semisal di waktu pagi ketika hari libur maupun di sore hari. “Saya kira cukup ramai juga tetapi lebih kepada menggunakan sepeda itu untuk kesehatan bukan untuk aktivitas lainnya,” sebut Sugeng. (zal)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.